21 Mei 2010

Muhasabah 12 Rabi'ul Awwal 1431 H





Tak terasa telah 2 tahun kami melangkah
Astghfirullah...
Banyak kekhilafan yang kami perbuat
Syukur Alhamdulillah, segala puji hanya untukMu
Ya Rabbi...


Menikah dan berkeluarga sebagai 1 syarat kesempurnaan beragama. Dengan menikah maka terpenuhilah separuh diennya. Kekayaan ruhiyah yang besar menjadi bekal, sehingga bisa menyikapi masalah dengan benar dan proporsional.
Saat berhadapan dengan cobaan, ibarat 1 perahu, jika oleng maka akan semakin erat berpegangan tangan, bukan justru saling berlepas tangan.

Komitmen yang sama pada agama akan mempersatukan dan membuat kehidupan rumah tangga harmonis dan sejahtera, karena masing-masing pasangan memahami hak dan kewajiban serta tugas dan tujuannya dalam berkeluarga (kedewasaan dalam beragama : penghayatan dan pengamalan).

"...Mereka adalah pakaian bagimu dan kamupun adalah pakaian bagi mereka..." (QS. Al.Baqarah 2:187).
Mereka dapat membuatmu tenteram dan kamu pun dapat membuat mereka tenteram. Karena itu penting bagi suami istri untuk terus menerus memahami prinsip/fungsi sebagai pakaian dan pasangan.

Sebagai pakaian, yang harus saling menutupi aurat masing-masing, suami berkewajiban menutupi kekurangan dan keaiban istri, begitu juga sebaliknya dengan istri.
Suami bertugas memindahkan kelebihan yang dimilikinya untuk menutupi kekurangan istri, begitu sebaliknya.

Sebagai pasangan, yang harus bisa saling mengimbangi dan menyesuaikan. Jika suami ingin jalan cepat, maka harus bisa mengkondisikan istrinya juga, begitupun istri terhadap suami.
Bagaikan sepasang kaki, kalau langkah kanan cepat, kiri harus cepat juga agar tidak terkilir. Tapi kalau kiri terluka, tidak kuat jalan, yang kanan pun harus pelan-pelan.

Jika fungsi ini disadari, potensi masing-masing akan berkembang dan kesenjangan lambat laun akan berkurang. InsyaAllah.

Sedikit catatan yang tersimpan
Jadikan...muhasabah bagi kami
Semoga Allah selalu memberikan keberkahan, keridhoan dan kasih sayangNya kepada kami yang memang masih muda belia, namun...
Sungguh luar biasa 2 kado dari Allah bagi kami, yakni surga bagi anak-anak kami


Milad pernikahan kami di tahun ke-2
Bertepatan 1 tahun meninggalnya Fatih Nashrullah, buah hati kami
Jum'at 12 Rabi'ul Awwal 1431 H

3 komentar:

mas Iwan mengatakan...

Insya Allah - kita akan menjaga bahtera ini kalau diterpa angin kencang kita manfaatkan tenaganya untuk mempercepat laju bahtera ini, andaipun oleng kita jaga supaya tetap bisa melaju pasti, kalupun bocor kita tambal bersama, kita kan berdoa semoga Allah memberkahi setiap langkah qt, mengampuni setiap ijtihad qt, dan memberikan petunjuk sesuai dengan inginNya, Amin

mas Iwan mengatakan...

guruku tersayang - guru tercinta - tanpamu apa jadinya aku :D

noeth: mengatakan...

Amin:)