19 April 2012

Perkembangan Bayi Umur 5-6 Bulan





Lanjutan perkembangan bayi dari bulan ke bulan yang sangat menakjubkan, Subhanallah... Perkembangan bayi memang harus selalu dipantau, apakah sesuai dengan tahap perkembangan bayi pada umumnya atau tidak. Perkembangan setiap bayi sangat unik dan tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya, bahkan itu bayi kembar sekalipun. Sharing perkembangan bayi dari 5 sampai 6 bulan semoga bisa bermanfaat bagi para orangtua baru dalam memantau perkembangan bayi dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan, semoga bermanfaat....
Ini review perkembangan 'Amal umur 5 bulan, 'Amal bisa onggong-onggong (bahasa ilmiahnya apa ya...). Umur 5 bulan 4hari 'Amal bisa  onggong-onggong tapi mundur, bisa membalikkan badan dari tengkurep ke telentang, bisa ngglundung-ngglundung (ngglinding-ngglinding) di kasur.  

Perkembangan umur 5 bulan 1minggu, 'Amal bisa onggong-onggong dengan kaki diangkat mendorong badan maju, mau merangkak, mau duduk, merayap dengan tangan kaki badan maju. 
Karena sudah mulai bisa menjelajah tempat tidur, umur 5 bulan 8 hari 'Amal jatuh nyungsep dari atas tempat tidur, sampai matras bawah. Kami semua sedang tidur, mungkin 'Amal muter-muter jadi posisi tidur berubah. Ini bisa jadi pembelajaran bagi para orangtua khususnya kami, untuk selalu menjaga dan waspada setiap saat. 
Perkembangan 'Amal umur 5 bulan 10 hari bisa duduk, tapi masih miring dan belum lepas tangan. Umur 5bulan 2minggu 2hari, 'Amal bisa duduk agak tegak / masih miring tapi sudah bisa lepas 1 tangan.  Umur 5bulan 3minggu Alhamdulillah 'Amal bisa merangkak. 'Amal 2hari menuju 6bulan bisa duduk tanpa sanggah / sudah melepas 2 tangannya... 
Umur 1d to 6m 'Amal bisa rambatan, kaki masih ditekuk (pakai lutut) / setengah berdiri. 
Review perkembangan 'Amal 6 bulan, memasukkan jempol kaki lagi. Umur 6ulan 2hari bisa rambatan berdiri kadang-kadang.  Umur 6m1w 'Amal mulai rambatan berdiri, titah sekali-kali. Umur 6m2w 'Amal sudah bisa melangkah naik dus tinggi ±15cm.  
Perkembangan 'Amal umur 6m15d, sudah bisa rambatan  dari kursi sudut sampai  jendela, agak jauh juga untuk mulai latihan merambat. Kami sempat kaget, 'Amal umur 6m20d berdiri tanpa pegangan ±1detik. Umur 6m22d 'Amal rambatan berdiri muteri kardus paper sidu
Umur 6m24d 'Amal berdiri tanpa pegangan ±2detik, lalu 3detik dan 4detik.  Mulai sering berdiri niy 'Amal, pas umur 6m25d 'Amal berdiri tanpa pegangan ±7detik, lalu ±12detik pada umur 6m27d. Perkembangan 'Amal umur 6m28d dapat turun sendiri dari berdiri. Alhamdulillah, umur 6m29d 'Amal sudah mulai sering berdiri-berdiri sendiri tanpa pegangan. Alhamdulillah, terima kasih Yaa Allah atas semua nikmat yang Engkau karuniakan pada kami...Amin.


Baca Juga:
Perkembangan Bayi 12 Bulan Pertama
Perkembangan Bayi Umur 0-4 Bulan 
Published with Blogger-droid v2.0.4

3 komentar:

bEauTTY mengatakan...

Salam kenal.
Perkembangan amal cepet bgt. Jd ngiri, kok baby cinta blm bs duduk ya. Pdhl dah 5m6d....
Cara menstimulasinya gimana, Bunda Amal?

noeth mengatakan...

salam kenal juga bunda cinta, maaf baru sempat respon. Skrg baby cinta sudah pinter apa ya? Tidak ada cara khusus ya, hanya kami membiarkan Amal bereksplorasi sendiri, dengan pengawasan tentunya.. Memang perkembangan tiap anak beda2, ada juga yang kemampuan bahasa nya lebih dulu muncul. Yang jelas semuanya disyukuri, karena tiap anak unik ^.*

Intan Rastini mengatakan...

hebatnya amal... progressnya rapid ya! kalki udah onggong-onggong tapi dia belum merangkak, masih merayap aja. doakan ya amal, supaya kalki bisa nyusul perkembangan amal yang baik :)
oh ya amal ndut ya kelihatannya jago banget dengan chubbynya aktif bergerak begitu!