22 Agustus 2013

Proses Persalinan Normal : Kelahiran Anak Keempat






Mau berbagi cerita tentang kelahirannya putra ke empat kami ya, sudah hampir 3m, sekarang putra ketiga kami 2m26w. Kronologisnya hampir sama seperti kelahiran putra kami yang ketiga untuk keluar lendir dan flek nya tapi ini tidak KPD(Ketuban Pecah Dulu). 


Ketika kandungan 39w sen20mei13, 10:15am, keputihan ada sedikit warna pink coklat. 
39w1d sel21mei13, 7:35am keluar lagi keputihan ada sedikit warna pink coklat. 39w2d rab22mei13 8:05am lendir coklat sedikit, pukul 9:10 lendir putih darah merah, lebih banyak merahnya (bloody show). 
39w3d, kam23mei13 lendir coklat sedikit keluar pukul 7:30am dan 8:20am. 
39w5d, sabtu25mei13, malam sebelum tidur, Amal masih tetap menyusu seperti biasanya. Tengah malam juga masih bangun untuk mimik asi, perut terasa kencang sekali, beda dengan biasanya. Biasanya kalau Amal mimik asi juga kencang perutnya, tapi ini lebih kencang. 

39w6d, ahad26mei13 sebelum shubuh perut terasa  kencang-kencang lagi, tapi kontraksi masih belum teratur. Setelah shubuh masih terasa. Karena sekarang adalah HPL due date, maka kami memutuskan paginya untuk periksa. Sebelumnya saya tetap beraktivitas seperti biasa, memasak menyiapkan mpasi Amal dan bekal Amal di RSIA kalau nanti saya melahirkan. 
Ahsan 1d pagi
Pukul 7 kami sudah siap-siap plus membawa tas punggung isi perlengkapan di RSIA, karena kami harus ke TPS dulu untuk berpartisipasi memilih gubernur jateng di PILGUB JATENG. Alhamdulillah di TPS tidak antri banyak, setelah memilih kami meluncur ke RSIA Adina dekat dengan rumah kami, kurleb 5' sampai. Tempat yang sama ketika saya melahirkan putra ketiga kami, Amal. 

Ahsan 1d siang
Sampai di RSIA Adina kami menuju tempat informasi bagian pemeriksaan, kami diminta mengikuti perawat keruang tindakan pemeriksaan, setelah periksa dalam, sudah  bukaan 3 (8am) dan langsung rawat inap. 
Setelah dicek darah ternyata Hb saya rendah 7, padahal untuk proses melahirkan minimal 8-10 agar ketika pendarahan tidak drop. Akhirnya harus transfusi darah 2x. Pertama tranfusi darah sebelum melahirkan pukul 12pm-4pm, yang kedua transfusi darah setelah melahirkan pukul 10pm-7am. Alhamdulillah, kami melahirkan dengan normal, pada pukul 5:05pm putra keempat kami lahir dengan bb3500g, pb49.34cm. Sempat IMD tapi sebentar karena harus dicek kondisinya. 
Amal diluar ruangan bersama simbah putri, saya bersama suami diruang persalinan. Alhamdulillah selama proses persalinan Amal tidak rewel, hanya sesekali menanyakan dan memanggil-manggil "umi..umi..abi..abi..". Sedih sebenarnya meninggalkan Amal diluar ruangan walaupun cuma sebentar, karena Amal selalu bersama saya. 
Ahsan 3d
Setelah saya selesai perawatan pasca persalinan, kami kembali menuju kamar rawat inap gabung. Amal langsung memeluk kami, simbah putri juga...Alhamdulillah.. 
Saatnya menyusui adiknya Amal tiba, bingung juga... karena biasanya menyusui bayi gede Amal, hehee... Alhamdulillah Amal tidak cemburu ketika melihat adiknya menyusu, hanya memang jadi mengalihkan ke yang lain, gendong Abi, ngemil buah, maem banyak. Mungkin karena sounding mimik toto buat adik nya sudah sejak dari awal hamil, jadi Amal sudah siap. Ternyata malam sebelum melahirkan itu adalah malam terakhir saya menyusui Amal T_T... Tapi insyaAllah ini yang terbaik dari Allah untuk kami semua.   
Alhamdulillah, terima kasih Ya Allah atas nikmat yang telah Engkau berikan. Jadikanlah anak-anak kami menjadi anak yang sholih. Aamiin aamiin ya Rabbal'alamin..

Tidak ada komentar: