08 September 2013

Extra Virgin Olive Oil - EVOO dan Extra Light Olive Oil - ELOO






Setelah lama EVOO dan ELOO dipakai untuk mpasi nya Amal dan digunakan untuk berbagai resep mpasi, baru sempat nulis tentang EVOO dan ELOO ini. Dulu juga sempat bingung, memilihnya... Apalagi di kota saya jarang sekali EVOO dan ELOO ini.

Saat memilih minyak zaitun di pasar swalayan, seringkali kita bingung dengan jenis-jenisnya. Ada yang bernama 'olive oil' saja, tapi ada pula yang berlabel 'extra virgin', 'extra light', dan sebagainya. Apa yang membedakan?
Minyak zaitun berasal dari buah zaitun yang diproses menjadi pasta. Pasta tersebut diaduk perlahan hingga titik-titik minyaknya menyatu menjadi konsentrat. Lalu, minyak itu diekstraksi dengan alat pres atau dengan teknik centrifugation. Dari sinilah jenis-jenis minyak zaitun yang berbeda diperoleh.

Extra virgin olive oil adalah minyak zaitun
berkualitas terbaik atau grade A. Minyak ini diproduksi secara alami, tanpa bahan kimiawi atau metode fisik. Aroma dan citarasanya istimewa, dengan kadar keasaman kurang dari 0.8%.
Extra virgin olive oil murni tidak berubah fisiknya walau diletakkan di kulkas selama berhari-hari. Tidak akan terlihat lapisan minyak beku di permukaannya. Botolnya pun berbeda dengan minyak zaitun jenis lain, yaitu berwarna hijau. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan minyak dari paparan sinar matahari langsung yang dapat merusak kualitasnya.

Refined olive oil adalah minyak zaitun yang diberi perlakuan kimiawi untuk memperbaiki kualitasnya yang kurang bagus. Zat kimia ditambahkan untuk menetralkan rasanya yang kuat dan kadar keasamannya yang tinggi.
Pure olive oil dan extra light adalah campuran virgin olive oil dan refined olive oil, namun dengan komposisi berbeda. Harganya lebih murah dibanding virgin olive oil. Keduanya dikemas dalam botol bening. Warna pure olive oil kuning keemasan, sementara extra light kuning bening. Extra light memiliki rasa dan aroma yang paling lembut di antara yang lain.

Penggunaan minyak zaitun pada masakan, minyak zaitun yang cocok dipakai menggoreng atau memanggang adalah extra light.
Pure olive oil digunakan untuk menumis atau dicampur ke sup, casserole, vinaigrette, dan mayones. Sementara itu, extra virgin olive oil sebaiknya digunakan mentah, bukan untuk memasak. Nanti aromanya hilang. Sayang, karena harganya relatif mahal.


Review ibu-ibu milis:

* EVOO = Extra Virgin Olive Oil
Kegunaannya lebih untuk buat dressing salad, atau dicampur ke makanan, pokoknya tidak untuk dimasak
* ELOO = Extra Light Olive Oil 
Kegunaannya seperti minyak pada umumnya, bisa bwat menggoreng, tumis2. EVOO tidak bisa buat dimasak karena akan merusak kandungan omega-nya jika dimasak pada suhu tinggi. 
* Tapi kalo buat boost BB bayi, bisa pake EVOO ato ELOO. Perkenalan pada bayi mungkin di 8 bulan sudah bisa.
* EVOO (Extra Virgin Olive Oil) buat ditambahkan ke makanannya, puree buah pun boleh ditambahkan atau langsung diberikan tanpa dicampur ke makanan spt memberi obat jg bs.
* ELOO (Extra Light Olive Oil) untuk menumis makanan.
* EVOO tidak disarankan untuk makanan yang digoreng sampe kerendem minyak dan bisa nambahin omega-3 ke makanan anak serta menambah berat badan. Caranya masukkan saja 1 sdm EVOO ke makanannya. 
* Jenis olive oil yang extra virgin/virgin tidak untuk dikonsumsi sebagai minyak masak, apalagi untuk menggoreng. Jenis olive, light dan extra light bisa untuk menumis ringan. Namun tidak untuk dipanaskan berlebihan.

Review Milis Pak Wied Harry: Minyak zaitun  terbaik: minyak zaitun extra virgin (extra virgin olve oil, EVOO). Yang kualitasnya terendah: minyak zaitun extra light (extra light olive oil, ELOO). Di antara EVOO dan ELOO ada beberapa kualitas lagi, umumnya dengan nama berbeda di antara produsen. Pendeknya, kalau jenisnya bukan EVOO atau ELOO berarti kualitasnya di antara keduanya.
EVOO lebih banyak mengandung lemak sehat, khususnya omega-3 dan omega-6 (serta omega-9, namun karena omega-9 ini tidak esensial alias bisa dibuat sendiri oleh tubuh kita, sehingga perannya kurang berarti).
Semakin tinggi kandungan lemak sehatnya, minyak zaitun semakin mudah rusak jika terkena panas maupun udara. Karena itu, EVOO sebaiknya disantap mentah - misalnya sebagai minyak salad- dan disimpan dalam wadah tertutup rapat.


AbinyaAmal pernah mencoba meminumnya langsung 1sdm tanpa basa basi...ternyata beliau bilang tidak enak... rasanya sampai siang masih ada...akhirnya kapok tidak mau lagi.

Tapi untuk menumis atau campuran di sup masih mau. Bahkan Amal doyan doyan saja...diminum langsung pakai sendok, dicampur masakan, dibuat menumis, campuran biskuit, lahap-lahap saja.. Alhamdulillah^_^
----Dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi----


Published with Blogger-droid v2.0.6

12 komentar:

intan ayu wulansary mengatakan...

makasi infonya ummu..
kebetulan lagi galau soal perminyakan ini hihii, sukses blog-nya yaa

noeth: mengatakan...

siiipks mom Intan:)
Happy hunting *perminyakan* hehee^_^

Ree Zhop mengatakan...

Mba, makasih infonya yaaa..
mau tanya nih, itu kl EVOO bisa digunakan bayi umur mulai 8 bulan ya? kalau saya baca diatas sih begitu ya?
kalau 6 bulan masih belum boleh kah?


Makasih

PUTRI DEWI SASMITA mengatakan...

Klo eloo bwd mpasi boleh g ya...

Vani Maharani mengatakan...

Eloo boleh langsung diminum gak mbak?

noeth: mengatakan...

iya mom, in sya Allah bs, dilihat reaksi anak jg ya :)

noeth: mengatakan...

boleh mom putri :)
happy mpasi ya:-D

noeth: mengatakan...

sptnya klo minyak zaitun boleh langsung diminum, bs ditambah ke jus ato bubur /makanan lain jg, hth:-)

Putri yusi mengatakan...

Bunda bertolli aman dan halal kah? Saya coba cari label nya kok gak ada ya

Dianita Anita mengatakan...

Saya kemarin bli bertolli disupermarket sempet bingung, adanya cma extra light sama olive oil classico.niatnya bli yg evo, ingetnya cm btolny hmpir sma dgn classico akhirnya ambil yg classico.trnyata bertolli classico msuk elo ya? Bolehkah dcmpur mpasi bayi?

Dianita Anita mengatakan...

Bun bagi info donk, bolehkah bertolli clasico mild taste dcampur mpasi bayi?

monicadwirakaginata mengatakan...

aq beli yang extra light, aq biasanya bikin mpasi dikukus dulu, itu masukin minyaknya pas dikukus aja boleh ga ya, kandungan lemaknya masih bagus ga ya?
mohon info,.. terima kasih