03 November 2013

Review Menstrual Pad - Review Menspad (Pembalut Kain Cuci Ulang)





Mau sedikit berbagi tentang pembalut kain cuci ulang ya... 
Pembalut kain cuci ulang atau washable menstrual pad atau washable menspad.
Mengikuti jejak langkah  *cieelah...* Ahsan ber full clodi akhirnya saya juga bisa ber full menspad, sudah 3x haid atau 3 bulan alhamdulillah bisa full menspad. Sejak hari pertama hingga hari terakhir. Menspad yang saya punya merk GG Menstrual Pad.
Sebelumnya mau sedikit ngupas apa itu washable menstrual pad dulu yaa..
Lapisan dalam menstrual pad terbuat dari “Suedecloth”. Suedecloth lebih tipis dari microfleece tetapi memiliki kualitas yang relatif sama. Highly breathable, lembut, cepat kering.
Lapisan luar terbuat dari Polyurethane Laminate (0,8 mil) atau PUL originally developed untuk kebutuhan medis, lembut, lentur, waterproof namun tetap breathable.
Sekarang review nya ya...
Kesan pertama memakai menstrualpad GG  adalah NYAMAN.
Seperti memakai celana biasa, beda saat memakai pembalut sekali pakai yang jika terlalu lama kadang seringkali terasa perih, basah, lembab dan tidak nyaman.

Awal memakai GG menstrual pad sempat ragu juga. Apakah bisa menampung ya?
Ternyata, di permukaan menstrual pad hanya terlihat sedikit / hanya semburat pink, tapi  setelah dicuci, darah yang mengalir sangat  banyaaak.. Jadi saat sedang banyak pun, tidak terasa  banyak, tetap kering dan tidak lembab, jadi kualitas menstrual pad bisa dibandingkan dengan pembalut sekali pakai.
Bahan GG menstrual pad sangat nyaman. Empuk dan menampung banyak. Kalaupun di pakai lama, tetap nyaman. GG menstrual pad banyak pilihan dan packagingnya menarik.
Kelebihan GG menstrual pad jauh lebih nyaman dibandingkan dengan pembalut sekali pakai (saya biasa pakai merk AV***, CH***, LAUR***). Walaupun tanpa perekat seperti pembalut sekali pakai, tapi jarang ditemui kebocoran karena ada snap / kancing nya, jadi tidak geser-geser.

Kelebihan lainnya, nodanya mudah dicuci. Jadi setelah menggunakan menstrual pad, langkah terbaik adalah segera mencucinya setelah pakai. Caranya sangat simple, hanya dialiri  dengan air dingin banyak-banyak, sampai ‘darah’nya habis, terus kalau ada noda yang belum hilang di permukaannya, biasanya saya cuci dengan detergen super sedikit sekali, kucek-kucek terus dicuci dikeringkan jemur dech... Kalau sedang di luar rumah, bisa di simpan dulu di dalam wetbag.
Gampang kan, selain itu bisa go green, karena saya tidak lagi bikin sampah pembalut, no more..

Terakhir niy... saya punya 2 GG overnight  warna green salem,  6 GG menstrual pad day warna pink blue tosca green denim purple dan 2 GG pantyliner warna red green. Karena biasanya pas hari banyak saya pakainya GG menstrual pad day, baru hari-hari terakhir atau pas sedikit saya pakai GG pantyliner.  Kalau malam pas hari banyak saya pakai GG menstrual pad overnight karena lebih panjang jadi lebih aman. Tapi berbeda tiap person ya, karena ada yang kebiasaan haidnya banyak banget ada yang sedang ada juga yang sedikit. Rata-rata sehari saya pakai 3 menstrual pad day saat banyak dan 2 menstrual pad day saat sedang atau 2 pantyliner saat sedikit. Itu saya tidak perlu memakai sistem cuci-kering-pakai. Dan saya hanya butuh investasi menspad ini sekali, tapi bisa dipakai lagi di lain waktu dan...save our earth - go green ^_^

4 komentar:

Hajar Intan Pertiwi mengatakan...

belinya dimana kak?

noeth mengatakan...

Bisa beli di https://www.facebook.com/rumba.alfatih

Happy hunting:-)

Avita Unaiya mengatakan...

ini kalo buat nifas bisa ga ya kira-kira? :)

noeth: mengatakan...

Bisa mom Avita, yg tipe night, daya tampung nya banyak ^_^