12 Desember 2013

Nugget Ayam Brokoli Wortel - Resep Mpasi






Mau share lauk dari daging ayam ya... Ini sengaja buat porsi banyak, tapi di akhir proses, adonan tidak saya buat nugget ayam semua, sepertiganya saya sisakan untuk membuat bakso ayam. 
Ini resep nya sama seperti Nugget Daging Sapi Brokoli Wortel, tapi saya buat 2x nya.
Resep Nugget Ayam Brokoli Wortel 1y+
* Bahan adonan:
800gr daging ayam
1 wortel kupas parut pake parutan keju
1bonggol brokoli kurleb 400gr (itu berat utuh,  sama bonggolnya ya), ambil perkuntum, iris halus
5butir telur
9sdm keju parut ±80gr
10lembar roti tawar
250ml susu uht plain
minyak kelapa barco untuk olesan
*Bumbu :

14 siung bawang putih, parut tumis---->bisa dikurangi jika tidak suka
12 siung bawang merah iris tumis---->skip kalau tidak suka, tapi ini kata ibuk saya lho ya, bawang merah goreng biar lebih gurih enak  gimana gitu, hehee...
merica halus secukupnya
garam secukupnya---->saya skip, karena Amal(31m+) masih no gulgar
*Bahan Celupan:
4 butir telur kocok
50ml sdm susu uht plain
tepung panir/tepung roti/breadcrumbs----> saya buat sendiri, 10 lembar roti tawar dipanggang dihancurkan
* Cara membuat :
1. Rendam roti dalam susu uht plain sampai menjadi bubur
2. Kocok telur campur dengan daging giling, bubur roti, wortel parut, brokoli, bawang putih tumis, bawang merah goreng, keju parut. Aduk sampai rata.
3. Siapkan wadah tahan panas olesi dengan unsalt butter ---->saya pakai cup dan mangkuk  stenlis, karena wadah/loyang nya tidak bisa masuk ke dandang kukusan.
4. Masukkan adonan dalam cup, ratakan. Kukus selama 20 menit sampai matang.
5. Setelah dingin, potong sesuai selera
6. Celupkan ke kocokan telur susu, balut dengan tepung roti
7. Masukkan ke dalam kulkas sebelum digoreng, diamkan selama kurang lebih 2 jam
8. Goreng nugget dan hidangkan dengan nasi hangat
Note:
-Dibawah 1y gunakan kuning telur nya saja terus garam dan merica di skip
-Yang alergi susu bisa diganti dengan air kaldu/air biasa 
-Kalau mau untuk stok bisa simpan dalam freezer
-Hasilnya 100 potong ukuran lebar kurleb 2-3jari kelingking, 2x nya yang nugget daging sapi ya...
-Sampai no 5 juga bisa, jadi tanpa balur langsung panggang dech.. enaakk :) 
-Umi dan Abi nya juga ikut makan 
Happy Cooking ya bu ibu...

Baca Juga:
Nugget Daging Sapi Brokoli Wortel Enak

Tidak ada komentar: