28 Maret 2014

One Day One Juz - ODOJ





Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al Qur’an karena sesungguhnya ia akan menjadi syafa’at bagi para pembacanya di hari kiamat”( H.R Muslim )


Mau nulis tentang One Day One Juz ( ODOJ ) sebenarnya sudah lama, tapi tertunda terus *sok sibuk*

Sebenarnya banyak pribadi muslim sejak dulu sudah menargetkan tilawah satu juz sehari. Namun banyak pula yang mengalami kendala dalam mengatur waktu antara tilawah dan kesibukan sehari- hari, karena di negeri Indonesia yang mayoritas adalah penduduk muslim ini atmosfer kedekatan dengan Al Quran alias tradisi khataman hanya terjadi pada bulan Ramadhan.

One Day One Juz ( ODOJ ) adalah program
yang diinisiasi oleh Rumah Qur’an untuk memfasilitasi dan mempermudah kita dalam tilawah Al-Qur’an dengan targetan 1 juz sehari.
Dengan memanfaatkan Instant Messager, tilawah 1 juz sehari jadi lebih menyenangkan dan lebih termotivasi.
Mekanismenya adalah membangun grup ODOJ di Whatsapp dimana 1 grup beranggotakan 30 orang, kemudian dibuat sistem pelaporan dan lelangan juz maka targetan yang ingin dicapai adalah 30 JUZ Al-QUR’AN dapat diselesaikan oleh satu grup setiap harinya dan KHATAM PRIBADI setiap bulannya dengan asumsi 1 anggota tidak absen tilawah juz Al-Qur’an secara berurutan selama sebulan. Kemudian juga ada PJ Harian dari anggota yang bergantian bertugas mengupdate laporan juz, memonitoring, dan mengatur lelangan untuk mencapai targetan tadi.

Dalam One Day One Juz ( ODOJ )  terdapat tiga pilar yang harus diperhatikan, yaitu :
1. Tilawah secara istiqomah atau berkesinambungan.
Dari Ibnu Abbas r.a, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab “Al hal wal murtahal” Orang ini bertanya lagi “Apa itu al hal wal murtahal, wahai Rasulullah ?” Beliau menjawab “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal” ( H.RTirmidzi )

2. One ukhuwah. 
Dengan melaksanakan metode grup ini diharapkan terbentuk ukhuwah/persaudaraan yang baik antara member ODOJ, dalam satu grup maupun yang berbeda grup, antara member satu daerah, lintas wilayah dan lintas negara.

Saat ini ODOJ - One Day One Juz sudah memiliki banyak anggota (odojer) baik di dalam dan luar negara. Bahkan sudah ada acara silaturahmi para anggota ODOJ - One Day One Juz di tiap kota (kopdar) yang akan menguatkan ukhuwah dan lebih mengenal satu dengan lainnya.

3. Ilmu. 
Diharapkan dengan ODOJ juga dapat menambah keberkahan dengan memotivasi diri sendiri dan orang lain, melalui ilmu-ilmu yang bermanfaat dan menjauhkan diri dari kegiatan yang sia-sia. 
Sharing berbagai disiplin ilmu dari masing-masing anggota, dan juga tausiyah yang menyejukkan hati serta pikiran. 
Subhanallah...


Untuk SOP di dalamODOJ - One Day One Juz silahkan lihat langsung di website resmi ODOJ http://onedayonejuz.org/ 


Saat ini ODOJ - One Day One Juzmemfasilitasi Whatsapp dan BBM, untuk mendaftar ODOJ One Day One Juz bisa langsung ke website resmi ODOJ www.daftar.onedayonejuz.org


Insha Allah..TILAWAH JADI LEBIH FUN DAN SEHARI SE JUZ JADI LEBIH RINGAN…^_*

Tidak ada komentar: