16 Mei 2017

KOL AIHQ : AL QUR'AN MENDAHULUI SAINS MODERN





AL QUR'AN MENDAHULUI SAINS MODERN

🍃🍂🍃🍂🍃🍂🍃🍂🍃🍂

ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ  ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ

 Kajian Online Live (KOL) pada :

Hari, tgl        : Selasa,16 Mey 2017
Waktu           :19.30-selesai  WIB
Tempat        : Fasil 5 (9/5/17) Dan Fasil 40 (16/5/17)
Muwajjih      :  Ummi Nashrullah
Tema            : *Al Quran*
Judul            : *Al Quran Mendahului Sains Modern*
Moderator   : Afnizah
Notulen        : Devi

✨ *PEMBUKAAN ACARA* ✨

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ؛

Alhamdulillah,

Sahabat semuanya, marilah sejenak kita memperbaharui rasa syukur kita, bersyukur Rabb masih menitipkan cahaya iman di hati kita masing2,

Bersyukur Ia masih memberikan semangat utk trus berthalabul ilmi, sebagai bekal utk menjalani proses perbaikan diri

✨ 📖AL QUR'AN MENDAHULUI SAINS MODERN📖 ✨

1⃣📖⭐
Salah satu mukjizat al-Qur’an di samping keindahan
serta kecanggihan gaya bahasanya, adalah gagasan futuristiknya mengenai kebenaran ilmiah yang baru kemudian dapat dibuktikan oleh ilmu pengetahuan modern. Semakin maju perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, maka semakin terbukti lah kebenaran al-Qur’an. Itulah makanya Al-Kitab sedikitpun tdk dapat disejajarkan dgn kualitas super canggih al-Qur’an.

_Sahabatfillah_
Sehingga ungkapan indah tentang Al Quran mengharukan dalam puisi berikut

_*Surat Cinta Mu*_
_Kau tulis surat itu_
Pelita yang menerangi jalan akan membawa ke jalan yang lurus..
Menjadi petunjuk kemana kaki Melangkah



*Surat surat Cinta MU*
_Serasa berkata_
andai aku bisa bicara,dan
andai aku bisa menangis…
aku ingin bicara kepadamu…
aku berharap kepadamu..
Duniamu adalah permainan
Tipu daya
Yang meluluhlantakkan
Berpaling lah......
Ke akhiratmu…



*Surat surat Cinta MU*
_Serasa berkata_
aku ingin menangis…
menangis saat kau lupakan aku..
Waktu kecil kau selalu
menyentuh membaca dan menyayangiku..
Tapi kini…
kau telah dewasa..
Bermain main dengan tipuan dunia
Melupakanku
Aku lembaran kitab itu
lusuh dan kusam
Menepikan kesan keagungan
Meluluhkan kemegahan

🌿Ummu Yasmina
Yogyakarta, 8 Mei 2017🌿


2⃣ Lebih jauh kita fahami bahwa :

✍🏼 *A.   Al-Quran Kitab Hidayah*

❓Tanya: Untuk apa Allah swt menurunkan Al-Quran..?

🅰Jawab: Allah Swt menurunkan Al-Quran untuk menjadi petunjuk bagi manusia. Al-Quran adalah kitab petunjuk, bukan kitab kedokteran atau teknik, bukan kitab astronomi atau kimia yang menghimpun berbagai informasi ilmiah ilmu-ilmu tersebut. Sekali lagi ia hanya kitab hidayah ilahi bagi perilaku manusia.

✍🏼 *B. Al-Quran Turun dengan Ilmu Allah Swt*

❓Tanya: Kalau begitu apa maksud ungkapan Al-Quran mendahului sains modern..?

🅰Jawab: Artinya, ketika Al-Quran berbicara tentang manusia, tumbuhan, atau makhluk lain, ia pasti berbicara tentang hakikatnya. Manusia baru mengetahuinya setelah sains dan peralatan-peralatan canggih digunakan untuk melakukan berbagai penelitian ilmiah. Itulah makna Al-Quran mendahului sains modern sekaligus sebagai bukti baru mukjizat Al-Quran di masa kemajuan teknologi yang semakin menegaskan bahwa ia adalah *Kalamullah* yang tidak sedikitpun mengandung kesalahan.

❓Tanya: Apa contoh masalah ini..?

🅰Jawab: Contoh-contoh cukup banyak, di antaranya:

👉🏼 *Sesaknya Dada*

✈Penemuan para pilot tentang semakin sesaknya dada mereka setiap kali mereka menambah ketinggian di udara sampai-sampai mereka merasa tercekik karena tak mampu bernafas akibat semakin berkurangnya kadar oksigen.
Realita ini belum diketahui sebelumnya, orang menganggap bahwa udara tersedia sampai ke planet-planet dan bintang-bintang yang ada di langit. Sedangkan Al-Quran telah mengungkap hakikat ini sejak empat belas abad lebih. Allah swt. berfirman:

_*Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.*_ (Al-Anam (6): 125).

💭 *Maksudnya:* Barangsiapa berhak disesatkan Allah Swt karena amal-amalnya yang buruk dan permusuhannya terhadap Islam, maka Allah Swt. menjadikan dadanya sempit bila mendengar mauizhah (nasihat) yang mengingatkannya tentang kebenaran Islam seperti sempitnya dada orang yang naik ke langit. Hal ini tidak diketahui manusia yang tidak beriman sebelum mereka menggunakan pesawat terbang.

Lalu..
❓Apakah Nabi Muhammad Saw. memiliki pesawat khusus untuk menyampaikan informasi ini?
Atau...
❓Apakah yang disampaikan semata wahyu yang berasal dari ilmu Allah Swt?!

3⃣ *Informasi tentang Pusat Perasa di Kulit*

👤Kita ambil contoh dari susunan tubuh manusia. Dulu orang percaya bahwa saraf perasa terdapat di seluruh tubuh dengan kepekaan yang sama. Namun ilmu pengetahuan modern mengungkap kekeliruan ini, ternyata pusat kepekaan terhadap rasa sakit dan lainnya terletak pada kulit di mana jarum suntik hanya terasa sakit pada kulit. Al-Quran menyebutkan hakikat ini sebelum penemuan para ahli.

_*Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.*_ (An-Nisa (4): 56).

 *Maksudnya*: Perasaan sakit menerima azab terpusat pada kulit mereka dan apabila kulit itu telah hangus matang mereka tidak merasakan azab lagi. Oleh karenanya, Allah swt. Yang Maha Mengetahui ciptaan-Nya menggantinya dengan kulit yang baru agar mereka tetap merasakan azab.

❓Apakah Muhammad Saw memiliki alat-alat bedah khusus untuk mengetahui informasi ini?
❓Atau apakah ini hanyalah bukti bahwa Al-Quran adalah firman Allah yang diturunkan dengan ilmu-Nya?

Maha Benar Allah swt. yang telah berfirman:

_*Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al-Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?*_ (Fushilat (41): 53).

👉🏼 *Pemimpin Kawanan Semut*

🐜Sebuah contoh lain konfirmasi sains terhadap kebenaran al-Qur’an dapat ditemukan pada An-Naml (27): 18 berikut:

_*Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”;*_

Terjemahan ayat ini, merupakan terjemahan minimal untuk sekedar memperoleh pemahaman awal atau tekstual dari ayat ini. Namun jika dikaji lebih jauh dari disiplin ilmu Bahasa Arab, yang nota bene sangat dibutuhkan untuk memperoleh makna substansial dari setiap ayat al-Qur’an di samping ilmu-ilmu lainnya, maka dari ayat ini akan ditemukan sebuah isyarat ilmiah, yang luar biasanya telah 14 abad lampau disebutkan Al-Qur’an namun baru pada abad 20 dapat dikonfirmasi oleh sains, khususnya ilmu Biologi.

Secara sederhana dapat dijelaskan, dari sudut pandang bahasa Arab, sebenarnya ada distorsi penting dari terjemahan resmi (versi Depag) di atas, khususnya pada kalimat *Qaalat* *namlatu* (ﻧﻤﻠﺔ) yang diterjemahkan dgn : _“berkatalah seekor semut”_. Semestinya terjemahan lengkapnya adalah _“(telah) berkata seekor semut betina”._

❓Mengapa demikian..?

Karena kata namlatun (ﻧﻤﻠﺔ) menggunakan bentuk muannats (kata benda untuk jenis perempuan) dgn tanda ta’ marbuthah ( ة ) sehingga semut yang dimaksud dalam ayat ini adalah semut betina. Itulah sebabnya kata kerja ﻗﺎﻞ yang mendahuluinya diberi akhiran ta’ maftuhah ( ت ) sebagai kata ganti untuk perempuan/betina merujuk pada dhamir ھي (Hiya) sehingga menjadi ﻗﺎﻟﺖ (berkata) sebagai pertanda bahwa yang berkata itu adalah _“semut betina”._

✍🏼Jadi kesimpulan pertama, semut yang dimaksud dalam ayat ini adalah *“Semut Betina”*.

❓Selanjutnya, apakah yang dikatakan oleh *“Semut Betina”* itu?

Jawabannya ada pada kalimat berikutnya:

_*“…Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”*_

🐜SEMUT BETINA tersebut ternyata memerintahkan kepada semut2 yang lain untuk masuk ke dalam lobang mereka.

Bila demikian halnya, berarti semut betina mempunyai otoritas khusus atau kekuasaan sehingga ia dapat memerintahkan semut2 yang lain untuk melakukan sesuatu.
Artinya dalam spesies semut, terdapat juga pemimpin yang memiliki otoritas dan kuasa untuk memerintah dan mengatur tata kehidupan mereka, dan ayat ini mengisyaratkan bahwa pemimpin dalam spesies semut itu adalah *Semut Betina*, bukan semut jantan.
Karena betina, Kita sebut saja pemimpin semut ini sebagai *“Ratu Semut”*
Pertanyaan berikutnya

❓Apa kata sains berkenaan dengan isyarat Al-Qur’an ini..?

💭Ternyata, Sains dalam hal ini biologi modern memberi konfirmasi bahwa pemimpin suatu entitas semut adalah seekor Semut Betina, RATU.
(Sumber: Agus Purwanto, D.Sc., Ayat-Ayat Semesta: Sisi-Sisi Al-Qur’an Yang Terlupakan, (Bandung:  2008)

✍🏼Betapa kecanggihan mukjizat ilmiah al-Qur’an , jauh mendahului perkembangan ilmu pengetahuan (Sains) dan tekhnologi.
14 abad yang lalu al-Qur’an sudah menegaskan bahwa pemimpin suatu komunitas semut adalah semut betina, tapi sains modern baru bisa menemukannya pada abad ke 20.

_Sahabat Surgaqu..._
_Masih banyak contoh2 fakta Al Quran mendahului ilmu Sains yang tak mungkin disebutkan sat satu disini._

*Mari kita tadabburi Al Quran yang istimewa di bulan suci bulan nya Al Quran...
Yakni
RAMADHAN yang kita rindukan sebentar lagi akan tiba..

Wallahu A'lam bishawab

➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰
 ✨ *DISKUSI*  F5✨
*Rekap pertanyaan*

1. Tia 579..

Bun.. bisa di share ayat ttg hujan yg ada di alqur'an? 😍😍😍
Jawab:
Banyak ayat yg menerangkan tentang hujan.

An-Nahl : 65
وَاللَّهُ أَنزَلَ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً فَأَحْيَا بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَآ ۚ إِنَّ فِى ذٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَسْمَعُونَ
Dan Allah menurunkan dari langit air (hujan) dan dengan air itu dihidupkan-Nya bumi sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang mendengarkan (pelajaran).

Az-Zukhruf : 11
وَالَّذِى نَزَّلَ مِنَ السَّمَآءِ مَآءًۢ بِقَدَرٍ فَأَنشَرْنَا بِهِۦ بَلْدَةً مَّيْتًا ۚ كَذٰلِكَ تُخْرَجُونَ
Dan Yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).

Al-Hijr : 22
وَأَرْسَلْنَا الرِّيٰحَ لَوٰقِحَ فَأَنزَلْنَا مِنَ السَّمَآءِ مَآءً فَأَسْقَيْنٰكُمُوهُ وَمَآ أَنتُمْ لَهُۥ بِخٰزِنِينَ
Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan Kami turunkan hujan dari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.

Bisa dibuka juga
QS: Asy-Syuura [41] : 28
QS: Qaaf (50) : 9
QS. Al Anbiya’ (21) : 30
QS: Surat Al Waqi’ah (56): 68-70
QS: Surat An-Nahl (16): 10
QS: Surat al-Furqan (25) : 48
QS. Asy Syuura : 28
Dan msh ada lg lainnya.

Dari semua jelas sekali bahwa air hujan penuh berkah dari Allah. Makanya ketika hujan kita dituntunkan untuk berdoa ketika turun hujan.


2. ada yg ingin ditanyakan 🙋
berkaitan dg sains, bisakah dijelaskan ttg fenomena perdebatan ttg :
apakah bumi itu bulat atau datar?
Jawab:

Jika dalam Alquran menggambarkan bahwa bumi seperti karpet. Maka kita seperti menggambarkan karpet itu datar. Namun tidak karpet juga bisa melingkar di globe. Hingga memudahkan Anda berjalan di atasnya.


Jadi, dalam surat Al-Kahf ataupun surat Adz-Dzariat yang mengatakan bahwa bumi dihamparkan di sini bukan berarti datar.  Itu salah paham. Dihamparkan di sini berarti bermacam-macam. Globe pun bisa diartikan demikian. Karena tidak ada dua surat yang kontradiktif.


Jika Anda berpikir, okelah bahwa artinya masih samar (abu-abu), karena ada ayat lain yang secara benar menyatakan bahwa bumi berbentuk bulat. Jika Anda membaca surat An-Naba, An-Naziat ayat 30, dan setelah itu 'bumi Dia hamparkan' (79:30). Di ayat sebelumnya dikatakan bumi dihamparkan, dan di ayat lain diartikan bahwa bumi bulat. Namun seperti kita tahu bumi tidak sepenuhnya seperti bola.  Itu seperti dipadatkan di antara dua kutub.


Dan 'Dahaha' di sini berasal dari kata Arab 'duhya' juga berarti sebuah telur. Dan kita tahu, bentuk telur tidak sepenuhnya bulat. Dan dalam Alquran menyebut dalam surat Luqman ayat 29 'Dan Allah menciptakan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam.  Dan Allah Swt mempergantikan siang ke malam dan malam ke siang. Fenomena ini hanya terjadi jika bumi itu bulat. Jika itu datar tidak mungkin terjadi." kata Zakir Naik panjang lebar.
http://news.bersamadakwah.net/2017/04/bumi-bulat-atau-datar-dokter-zakir-naik.html?



3. Semut pemimpin semut mempunyai otoritas khusus dapat memerintahkan semut2 yang lain dalam mengatur kehidupannya. Pertanyaan saya bagaimana kita umat manusia apakah wanita juga bisa menjadi di pucuk pimpinan yang mengatur semuanya ?🙏🙏🙏

Wanita Dan kepemimpinan

Dalam al Qur'an, kaum laki² adalah pemimpin bagi kaum wanita.
An-Nisa' : 34
الرِّجَالُ قَوّٰمُونَ عَلَى النِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍ وَبِمَآ أَنفَقُوا مِنْ أَمْوٰلِهِمْ ۚ
Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka...

”Ibnu Umar r.a. berkata : Saya telah mendengar Rasulullah SAW bersabda : ”Kamu sekalian pemimpin dan kamu akan ditanya hal rakyat yang dipimpinnya. Dan suami adalah pemimpin pada keluarganya dan akan ditanya hal keluarga yang dipimpinnya. Istri adalah pemimpin dalam pemeliharaan rumah tangga suaminya dan akan ditanya hal yang dipimpinnya. Pelayan adalah pemimpin dalam pemeliharaan harta milik majikannya dan akan ditanya dari hal yang dipimpinnya. Dan kamu sekalian pemimpin dan akan ditanya (diminta pertanggung jawaban) dari hal yang dipimpinnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jd jelas dalam al Qur'an kaum laki² adalah pemimpin bagi kaum wanita.

➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰

           ✨ *DISKUSI*  F40✨
1⃣Devdat 497
1.Sedemikian dahsyatnya kandungan AlQur'an. yg tak sepadan dg riset manusia. Knp periset muslim masih kaalah dg yg non muslim ya?
2.Apa yg menyebabkan manusia tidak menemukan hidayah bahkan merasa jenuh membaca berulang2 Al Qur'an sampai akhirnya futur?
3.Perlukah ortu menjabarkan kandungan AlQur'an sebagai warisan sementara ilmu ortunya sangat dangkal. Di satu sisi, sedekah ilmu adalah amal jariyah yg abadi.

*Jawab*
1. Tidak smua nya demikian ya, bahkan ilmuan² banyak yg Muslim. Mereka telah banyak berkiprah memainkan peran yg significant. Mungkin krn ditutup²i sehingga banyak umat Islam tdk mengetahui.

2. Kurangnya keimanan dalam hati sehingga menyebabkan kefuturan td. Ghiroh dalam berIslam jg kurang.

Al-Isra' : 82
وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.

3. Perlu InsyaAllah.
Itulah mengapa kita diwajibkan membaca, ayat pertama yg turun iqro' bacalah. Agar setelah membaca jadi paham dan bs mentransfer ilmu yg sdh dibaca tersebut.
Apalagi ibu al umm al madrosatun, ibu madrasah pertama anak, yg akan mengantarkan anak² menjadi sholih dan sholihah.
InsyaAllah
Smg kita smua dipermudah untuk menjadi ibu yg sholihah bagi anak² kita.
Wallahu'alam

2⃣Iffah Ma'rifah 497
1.bagaimanakah al qur'an menjelaskan manfaat wudhu

2.mana yg lebih utama antara mentadaburi al qur'an atau menghatamkan 30 juz selama ramadhan

*Jawab* :
1. Wudhu merupakan suatu amalan yg senantiasa kita lakukan. Manfaat wudhu seperti sdh diketahui umum sangat banyak sekali ya. Selain dari segi kesehatan jasad dan ruhani pembersih noda dan dosa, serta menjadi bercahaya anggota² wudhu, dengan berwudhu maka mengangkat derajatnya disisi Allah.

2. Sunnah untuk lebih banyak berinteraksi dengan al Qur'an, krn Ramadhan itu syahru Qur'an. Tetapi jika memungkinkan unt mentadaburi maka itu lebih baik. Krn akan lebih bisa memahami isi kandungan al Qur'an itu.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَ بَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَ الْفُرْقَانِ

“Bulan Ramadhan yang di dalamnya –mulai- diturunkannya Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan keterangan-keterangan yang nyata yang menunjuk kepada kebenaran, yang membedakan antara yang haq dan yang bathil.” (QS Al-Baqarah: 185)

Semoga Allah SWT memberikan kekuatan untuk bisa lebih memanfaatkan bulan Ramdahan kali ini dan bulan-bulan lainnya dalam beribadah kepada Allah seiring berkurangnya jatah hidup di dunia.

3⃣Zahro 497
1. surat al waqiah, al haqqah dan al fajr sama2 menjabarkan ttg kiamat. Apa beda ketiganya secara science?
2. Dan bagaimana AlQur'an memberikan jwaban ttg kehidupan akhirat dalam pandangan science?

*Jawab*
Semua menjelaskan tentang kiamat itu apa.
Ini bisa dibaca di tafsir nya ya, InsyaAllah lengkap. Bs tafsir ibnu katsir ato fi zhilalil Qur'an. Afwan😊

4⃣Bun RasUna 405
Parameter diri cinta terhadap Allah dan Rasul dapat terlihat sebagaimana kita tidak dapat menjauh dari Al-Qur'an serta keinginan kuat untuk terus bersamanya.
Saat kita merasa agak jenuh membaca Al Quran apa yg harus kita lakukan utk mengusir rasa jenuh itu Ustadzah ??

*Jawab:*
Jenuh futur itu manusiawi ya. Dan bisa terjadi pada siapapun.
Asalkan tidak sampai pada titik nol ato bahkan minus.
Jadi ketika futur melanda kembalikan niat kita, perbaiki selalu niat kita. Agar Allah senantiasa menjaga keimanan kita.

Dari Abdullah bin Amru, ia berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

"Setiap amal memiliki puncaknya dan setiap puncak pasti mengalami kefuturan (keloyoan). Maka barang siapa yang pada masa futurnya (kembali) kepada sunnahku, maka ia beruntung dan barang siapa yang pada masa futurnya (kembali) kepada selain itu, maka berarti ia telah celaka" (HR. Imam Ahmad dari sahabat Anshar)

5⃣Habibah 087
1. Saat kiamat terjadi gaya gravitasi akan menghilang sehingga manusia akan melayang ayat al quran mana yg menerangkan hal tersebut?
*Jawab :*
Untuk yg manusia akan melayang
Ada dalam juz 30 semua...
Langit terbelah dan berwarna merah mawar seperti kilatan minyak...

Manusia berterbangan..seperti kapas..dll

Gravitasi
Ya Sin : 38
وَالشَّمْسُ تَجْرِى لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَا ۚ ذٰلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ
dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

Al-Furqan : 61
تَبَارَكَ الَّذِى جَعَلَ فِى السَّمَآءِ بُرُوجًا وَجَعَلَ فِيهَا سِرٰجًا وَقَمَرًا مُّنِيرًا
Maha Suci Allah yang menjadikan di langit gugusan-gugusan bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari dan bulan yang bercahaya.

Al-Anbiya : 33
وَهُوَ الَّذِى خَلَقَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ كُلٌّ فِى فَلَكٍ يَسْبَحُونَ
Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.

Dalam al-qur’an terdapat ayat-ayat yang berkaitan dengan alam semesta khusunya tentang gaya gravitasi. Yaitunya segala benda-benda yang ada dalam alam semesta ini bergerak dan berputar, hal ini menunjukan adanya garvitasi dari masing-masing benda tersebut seperti dalam tatanan tata surya, yang mana matahari sebagai pusat tata surya sekaligus sumber dari gravitasi yang menarik segala benda-benda langit (planet, bulan, dan bintang-bintang lainnya. 
Penemu teori gravitasi adalah *Ilmuwan Muslim* bernama Abdurahman al Khazini....abad ke 11. Namun kemudian di klaim oleh beberapa pihak. 
Wallahu'Alamalam
Dalam al-qur’an sudah menjelaskan tentang itu sebelum teori tersebut ditemukan. Ini menunjukan betapa besarnya mu’jizat al-qur’an dari kebenarannya serta kagungan dan kebesaran kuasa allah swt.

2. Bagaimana dengan teori kehidupan yg dikenal dengan teori abiogenesis 'makhluk hidup diciptakan dr zat2 seperti amoniak atau zat anorganik dsb'
Apakah teori itu benar terhadap penciptaan dunia dan makhluk hidup ?Bagaimana Al Quran menjelaskan hal tersebut?

*Jawab :*

2. Al-Qur'an dan Pembentukan Minyak Bumi
Minyak mentah atau minyak bumi terbentuk akibat adanya percampuran dari berbagai hidrokarbon dengan mineral seperti sulfur dalam tekanan yang ekstrim. Saat ini telah diketahui bahwa sebagian besar, jika tidak dapat dikatakan semua, minyak mentah ini berasal dari bahan-bahan organik seperti binatang-binatang kecil dan tumbuh-tumbuhan yang mati dan terkubur di dasar laut jutaan tahun yang lalu, melalui proses peruraian dan pencampuran dengan pasir dan lumpur ditambah dengan tekanan yang tinggi.

Walaupun fakta tentang pembentukan minyak dari bahan organik ini baru diketahui satu-dua abad ini, namun ternyata hal ini telah disebutkan di dalam Al-Qur'an 14 abad yang lalu di surah Al-A'la (87) ayat 1-5:
[87:1] Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha Tinggi,
[87:2] Yang menciptakan, dan menyempurnakan
[87:3] dan Yang menentukan kadar dan mengarahkan (memberi petunjuk),
[87:4] dan Yang (telah) menumbuhkan/menciptakan rumput-rumputan (al-mar'a),
[87:5] lalu dijadikan-Nya rumput-rumput itu kering kehitam-hitaman (ghutsaa-an ahwaa).

Di ayat ke-4 Al-Qur'an menggunakan al-mar'a, yang mana menurut Arabic-English Lane's Lexicon dapat berarti padang rumput (pasture) maupun tumbuh-tumbuhan jenis rumput-rumputan (herbage).  Jika pepohonan dalam Al-Qur'an adalah syajarata, dan tumbuh-tumbuhan secara umum dikatakan dengan nabata, di ayat ke-4 ini Al-Qur'an menggunakan kata al-mar'a yang mengacu kepada subtansi organik ataupun tumbuh-tumbuhan jenis rumput-rumputan (termasuk pula dalam kategori al-mar'a ini tumbuh-tumbuhan air seperti ganggang/alga dan hydrilla).  Al-mar'a ini juga mengacu kepada tumbuh-tumbuhan di periode awal bumi, sebagaimana ketika Allah menceritakan mengenai penciptaan alam semesta dan bumi di surah An-Naazi'aat (79), yang di bahas dalam postingan "Bumi Tercipta Lebih Dulu Daripada Langit, Sebuah Pernyataan Al-Qur'an (klik disini untuk baca)".
[79:31] Ia mengeluarkan daripadanya mata airnya, dan tumbuh-tumbuhannya (wamar'aahaa)
Kemudian di ayat ke 5 dikatakan "faja'alahu ghutsaa-an ahwa" yang arti kata-per-kata-nya adalah "kemudian dijadikan-Nya itu ghutsaa-an ahwa". Ghutsaa-an menurut Arabic-English Lane's Lexicon berarti  "the rubbish or small rubbish, or particle of things, or refuse and scum and rotten leaves mixed with the scum, borne upon surface of a torrent" -- kumpulan partikel, sampah ataupun daun-daun busuk yang tercampur dengan sampah tersebut, yang mengalir dengan sangat deras (torrent), sementara ahwaa berarti gelap, menjadi berwarna hitam kehijau-hijauan.

Dari ayat ke-4 dan ke 5 surah Al-A'la (87) diatas terlihat bagaimana Allah menjelaskan bahwa subtansi organik dalam hal ini al-mar'a ketika mati dijadikan Allah bercampur menjadi suatu cairan yang mengalir dan berwarna hitam gelap (ahwaa), yang kita kenal dengan sebutan minyak bumi. Ahwaa digunakan disini, bukannya kata aswad yang berarti hitam, mengindikasikan adanya penumpukan yang banyak dari ghutsaa-an sehingga warnanya menjadi gelap hitam dengan sedikit kehijau-hijauan (definisi berdasarkan Arabic-English Lane's Lexicon halaman 661).

Empat sifat minyak bumi yang diketahui surah Al-A'la ayat 4-5 di atas yaitu :
Berasal dari bahan organik dan mengalami proses pembusukan
Mengalir dengan sangat deras seperti banjir
Berwarna gelap kehitam-hitaman akibat penumpukan yang lama
Terbentuk di periode bumi awal. Al-mar'a sebagai kata benda hanya digunakan dua kali dalam Al-Qur'an. Satu di surah Al-A'la (87) ayat 4 ini, yang kedua adalah di surah An-Naazi'aat (79) ayat 31 ketika mengisahkan tentang pembentukan awal alam semesta dan bumi (baca di "Bumi Tercipta Lebih Dulu Daripada Langit, Sebuah Pernyataan Al-Qur'an)

Penciptaan manusia
Qs.al hajj:5, mu'minun:12-16, sajdah:8, mursalat:20, thariq:6-7, 'alaq:2
Tafadhol bs dibaca tafsirnya.
Bs tafsir ibnu katsir yg umum dijadikan rujukan

6⃣ Bunda Yulia 087
Bagaimana caranya kita menghidupkan Al quran dalam diri kita, sehingga tercermin dari perilaku kita dalam kehidupan sehari - hari.

*Jawab:*
Menghidupkan Al Quran dalam diri kita dan keluarga.
”Tidak ada kedengkian, tidak ada kebencian. Tidak ada permusuhan, tidak ada dusta, tidak ada kebohongan, tidak ada kecurangan dalam rumah tangga, dalam berbisnis, dan berniaga, sehingga kita benar-benar berjalan bersama Al Quran.

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

“Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang agung” (Al-Qolam: 4)

Sebagai makluk, jika tidak terpisah dari sang khaliq, maka manusia akan tenang. Di situlah pentingnya kita sebagai manusia senantiasa bersama Al Quran.
Al Quran membuat hidup kita terarah, karena sesuai yang dikehendaki sang Khaliq.

Selalu dekat dengan Al Qur'an, kesungguhan dan upaya serius dalam mempelajari al-Qur’an.

Tak ada kata terlambat untuk sebuah kebaikan. Apalagi jika ingin meraih keberkahan al-Qur’an tersebut.

Sehingga memiliki hati yang bisa mengambil manfaat dari setiap ajaran dan peringatan dari al-Qur’an.

7⃣ Elis Komariah 497
Kurang lebih sdh 8 bln suami di vonis gagal ginjal dan harus cuci darah 2x dlm seminggu. Yg saya pertanyakan bagaimana hukumnya cuci darah ketika puasa ramadhan nanti?

*Jawab:*
Proses cuci darah, mengeluarkan darah dari pasien, dimasukkan ke dalam suatu alat agar dilakukan perawatan tertentu, kemudian dikembalikan ke tubuh pasien. Dalam proses ini, zat kimia dan mineral tertentu ditambahkan ke dalam darah tersebut, seperti: kadar gula, ion tubuh, atau yang lainnya.

Jika proses pencucian ini dicampur dengan beberapa nutrisi mineral, sehingga menggantikan makan dan minum. Maka  keadaan demikian, statusnya membatalkan puasa.

Jika masih memungkinkan untuk qadha maka dia wajib qadha.

Namun, jika tidak memungkinkan untuk mengqadha maka statusnya sebagaimana orang tua yang tidak mampu puasa. Dia boleh tidak puasa ketika proses cuci darah dan diganti dengan fidyah.

Akan tetapi, jika campuran yang disisipkan di darah pasien ketika proses dialisis (cuci darah) bukan nutrisi bagi tubuh, namun hanya sebatas membersihkan dan mencuci darah, maka hal ini tidak membatalkan puasanya, sehingga seseorang boleh mengambil tindakan medis ini meskipun sedang berpuasa.

 Persoalan semacam ini perlu ditanyakan ke dokter yg menangani ya. Syafahallah
Semoga Allah memberikan kesembuhan untuk suami bunda Elis


➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰
    ✨ *CLOSING STATEMENT* ✨
Fakta Ilmiah dalam Al Quran telah terbukti kebenarannya.

Al-Hijr : 9
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحٰفِظُونَ
Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.

Ali 'Imran : 190-191
إِنَّ فِى خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلٰفِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَءَايٰتٍ لِّأُولِى الْأَلْبٰبِ
الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيٰمًا وَقُعُودًا وَعَلٰى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِى خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بٰطِلًا سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Semoga kita semua bisa menjadi hamba Allah yg senantiasa mentadaburi Al Qur'an.

Sy akhiri, afwan minkun ada kurang nya itu dr sy pribadi, kebaikan itu dr Allah, fastabiqul khairat,
Allahu yubarik fiikum

جَزَاكُمُ اللّهُ خَيْــــرًا كَثِيْرًا

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُوْا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ
 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

🌹Ummunashrullah🌹

          ✨ *PENUTUP*✨

Mari kita tutup majlis mulia ini dengan membaca Hamdallah, istighfar, dan do'a kafaratul majlis

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
اسْتَغْفِــــرُ اللّــــهَ الْعَظِــــيْم
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Maha Suci Engkau yaa Allah dan dengan memujiMU aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau Aku mohon ampun dan bertaubat kepadaMU

آمــــــــــــــــــين يَا رَبَّالعَالَمِين

🍃🍂🍃🍂🍃🍂🍃🍂🍃🍂

Tidak ada komentar: