09 Mei 2017

KOL AIHQ : MAKNA KEMENANGAN DALAM ISLAM





MAKNA KEMENANGAN DALAM ISLAM

NOTULEN KAJIAN AIHQ FASIL 5
TEMA: Hakekat Kemenangan
MAKNA KEMENANGAN DALAM ISLAM

๐Ÿ“ฃ Sahabat Rahimakumullah

๐Ÿ”…Dalam bahasa Al Quran ada kata *Fath* :Kemenangan
(Al Quran Surat An Nashr )

~~๐Ÿ“–~~

๐Ÿ‘‰๐Ÿปayat 1.  _Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan_
๐Ÿ‘‰๐Ÿปayat  2. _Dan engkau melihat manusia berbondong-bondong manusia masuk agama Allah,_
๐Ÿ‘‰๐Ÿปayat  3. _Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya, sungguh Ia Penerima Taubat_

❓ *Apa tujuan kemenangan Islam..?*

๐Ÿ”…Kemenangan Islam adalah bukan kemenangan orang perorang (individu) ataupun bukan pula kemenangan suatu ras atau etnis tertentu, tetapi dalam Al Quran surat 110, kemenangan Islam adalah *_kemenangan kemanusiaan yaitu berduyun-duyunnya ummat manusia memperoleh hidayah Allah SWT_*.



๐Ÿ”…Sementara itu tujuan kemenangan Islam sejalan dengan tujuan perjuangan dakwah para nabi dan Rasul-Nya Allah SWT.

❓ *Apa tujuan dari perjuangan para Nabi dan Rasul, khususnya Rasul SAW?*

Tujuannya agar ummat manusia memperoleh nikmat Allah SWT yang tertinggi atau terbesar.

❓ *Apakah gerangan itu?*

yaitu memperoleh sesuatu yang tidak akan pernah dapat diberikan oleh siapa pun melainkan hanya Allah SWT,  dalam hal ini maksudnya adalah hidayah Allah SWT.
Kemudian timbul pertanyaan berikutnya:

❓ *Siapakah penentu satu-satunya kemenangan Islam?*

~~๐Ÿ“–~~

Al Quran Surat Ali Imran ayat:160:

_*"Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada yang dapat mengalahkan kamu, tetapi jika Allah  membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapa yang dapat menolongmu setelah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah  saja orang-orang mukmin bertawakkal."*_



๐Ÿ”…Dalam ayat ini Allah SWT secara jelas dengan gaya bahasa dialog dan retoris menyatakan bahwa Allah SWT adalah satu satunya yang dapat memberikan dan menentukan kemenangan bagi ummat Islam.

❓ *Konsep Apa yang diajarkan oleh Allah SWT mengenai kemenangan Islam? Apakah kita ummat Islam saat ini, sudah layak dimenangkan atas lawan-lawan kita?*

๐Ÿ”…Selain Konsep-konsep kemenangan islam, ada juga  konsep-konsep kemenangan di luar konsep Islam, maka pertanyaannya adalah:

❓ *kita sebagai muslim mau pilih konsep yang mana?*

๐Ÿ’ฅ1⃣

๐Ÿ“ฃ _Sahabat Fillah_
~~๐Ÿ“–~~

Al Quran Surat Al Imran berbicara tentang orang yang beruntung (Faaz) ayat 185:

_*"Dan barangsiapa yang dijauhkan dari api neraka dan dimasukkan kedalam surga sungguh ia memperoleh kemenangan".*_

๐Ÿ”…Sering dalam benak atau pemikiran seseorang yang mengaku muslim, bahwa hakekat, motivasi serta tujuan yang sebetulnya dari kemenangan Islam,   tidak difahami oleh orang-orang non muslim seperti orang Barat, yang menyangka bahwa kemenangan Islam itu adalah hanya sekedar peperangan dalam arti pertempuran yang satu ke pertempuran lainnya, semata hanya dalam arti fisik yaitu sebatas gerakan untuk mengangkat senjata atau  pedang, migrasi besar besaran sebagian manusia ke wilayah-wilayah taklukan atau jajahan untuk dikuasai.

๐Ÿ”…Namun ternyata hal ini bahkan tidak difahami juga oleh sebagian besar orang–orang yang mengaku sebagai kaum Muslimin itu sendiri, yaitu orang-orang yang menganggap bahwa suatu ekspansi wilayah atau perluasan daerah kekuasaan ke dalam wilayah kekuasaan Islam itu dan menganggap kemenangan yang hakiki dalam Islam, dan juga dianggap sebagai suatu tindakan yang penuh jasa bagi para mujahid Islam di sepanjang masa.

๐Ÿ”…Mereka memiliki pendirian yang sama jauhnya dari penjelasan yang  sesungguhnya dari Allah SWT tentang hakekat kemenangan Islam. Dan jika anggapan mereka benar penjelasan Allah SWT dalam Al Quran bukan termaktub sbb.:

๐Ÿ‘‰๐ŸปPada ayat yang kedua dari surat ini:
_Dan kamu lihat manusia berbondong –bondong_ _masuk agama Allah_ tentu berubah ayat ini menjadi:
_Dan kamu lihat wilayah wilayah yang ditaklukan menjadi semakin besarnya_
 Jika kita mau sedikit berfikir yaitu dengan menanyakan:

❓ *mengapa kemenangan menurut konsepnya Allah SWT berbeda dengan konsepnya  manusia..?*

❓ *Mengapa Kemenangan Islam Diartikan Dengan Turunnya Hidayah Atas ummat Manusia..?*

❓ *Kembali ke pertanyaan mengapa Allah SWT artikan kemenangan dalam bentuk berbondong-bondongnya manusia masuk agama Allah SWT..?*

❓ *Mengapa bukan dengan bertambah luasnya wilayah yang berada di bawah kekuasaan Islam. Atau bertambah kayanya kaum muslimin dengan bertambah  banyaknya hamba-hamba sahaya non muslim yang ditawan dan dapat diperjualbelikan di pasar budak dengan harga yang sangat  tinggi..?*

❓ *Tetapi mengapa kemenangan menurut Allah SWT itu dibukakan pintu hidayah sehingga manusia berduyun-duyun memperoleh hidayah sehingga mereka dapat berbondong-bondong menikmati hidayah dengan memasuki agama Islam dengan penuh kesukarelaan tanpa paksaan..?*

~~๐Ÿ“–~~

Padahal kita tahu, Allah SWT berfirman:

_*Tidak boleh ada paksaan dalam agama, yang benar itu telah jelas berbeda dari yang tidak benar.”*_ (QS. Al-Baqarah [2] : 256).

๐Ÿ” Jika dicoba dicari hikmahnya yaitu Allah SWT berikan hidayah karena hidayah adalah suatu bentuk pemberian tertinggi yang dapat diberikan Allah SWT kepada hambanya, bukan harta benda, wilayah, pangkat, jabatan atau kedudukan, atau yang lain sebagainya.

๐Ÿ”…Bukankah kita sering mengulang-ulang ucapan bahwa kita patut bersyukur atas nikmat terbesar dari Allah SWT yaitu adalah nikmat iman dan Islam.

๐Ÿ’ญ Coba bayangkan semua dapat diwariskan atau diberikan dari makhluk ke makhluk seperti kekuasaan, harta benda, wilayah dan lain sebagainya. Namun iman atau hidayah hanya Allah SWT sebagai satu-satunya Zat Yang mampu memberikan, bukan yang lain bahkan Nabi SAW sekalipun tidak akan pernah mampu untuk memilki kewenangan untuk itu (lihat kasus paman beliau Abu Tholib sampai sampai Allah SWT sendiri yang menjelaskan mengenai perihal paman beliau sendiri).

๐Ÿ”…Jadi menangnya Ummat Islam menurut Allah SWT yaitu merupakan perwujudan dari pemberian hadiah terbesar dari Allah SWT buat ummat manusia sesuai tujuan azasi atau tujuan hakiki perjuangan Nabi-nabi yaitu terselamatnya manusia secara berduyun-duyun dari ancaman neraka-Nya Allah menuju Surga-Nya Allah SWT.

๐Ÿ”…Fathul Mekkah dan kemenangan yang Allah SWT sebutkan dalam surat An Nashr bukan sesuatu yang ujug ujug turun begitu saja tetapi hal ini merupakan suatu rangkaian panjang sejak perjuangan yang dilakukan oleh Nabi SAW dari mulai beliau diutus terus selama 13 tahun perjuangan di bawah penindasan oleh kafir Qurasy, dan kemudian dilanjutkan selama 10 tahun di Madinah Al Munawarah.

๐Ÿ’ฅ2⃣

๐Ÿ“ฃ _Sahabat AIHQ yang disayang Allah SWT_


๐ŸŽ– *Hakikat Kemenangan Yang Diberikan Allah SWT* ๐ŸŽ–

๐Ÿ”…Kemenangan yang Allah SWT berikan kepada Nabi kita dan Ummat Islam pada waktu itu tiada duanya maksudnya tidak sama dengan yang Allah SWT  berikan kepada Nabi-nabi yang lain. Kemenangan yang ada di Al Quran untuk Baginda Nabi saw adalah kemenangan hakiki dengan tersebarnya hidayah, bahkan hidayah juga tersebar ke lubuk lubuk hati yang telah begitu benci akan Islam seperti: Hindun, Abu Sofyan, Ikrimah bin Abi Jahal, Sofwan bin Umayah, Suheil bin Amr, dan lainnya.

๐Ÿ‘‰๐Ÿป Perlu diluruskan tentang image Islam khususnya image arti kemenangan Islam yang telah dikaburkan atau dirusak, dan hal ini tidak saja menyangkut tentang kemenangan-kemenangan Islam itu semata, tetapi juga mengenai pemikiran Islam itu sendiri.

๐Ÿ”…Kemenangan Islam adalah kemenangan agama Islam karena dengan terbukanya hidayah dari Allah SWT, maka terbuka pula lubuk-lubuk hati manusia untuk menerima Islam sebagai satu-satunya sistem kehidupan bagi seluruh ummat manusia yang terhidayah.

๐Ÿ“– Allah SWT berfirman:“Hai manusia! Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang wanita, dan Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, agar kamu saling berkenalan.” (QS. Al-Hujurat [49] : 13)

๐Ÿ‘‰๐ŸปBahkan di jaman Nabi SAW sendiri juga sudah beranekaragam motif dan tujuan orang-orang dalam suatu perjuangan bahkan dalam hal ini boleh jadi mereka juga ikut berjuang bersama Nabi SAW juga, sehingga suatu ketika Rasulullah SAW pernah ditanya seseorang:

*“Orang yang berjuang untuk mencari harta rampasan, orang yang berjuang untuk mencari keharuman nama, orang yang berjuang agar dikagumi orang, manakah di antara mereka yang berjuang di jalan Allah SWT?”*

๐Ÿ‘‰๐ŸปBeliau SAW menegaskan:“Siapa yang berjuang untuk menegakkan kalimat Allah yang tinggi, Ia berjuang di jalan Allah.” (HR. Bukhari)

๐Ÿ”…Disini Al-Qur’an dan Hadis Nabi SAW menegaskan kepada kita hakekat dan tujuan  peperangan dalam Islam dan hakekat dan tujuan kemenangan Islam secara jelas.

➰Islam diperjuangkan dan dimenangkan berdasarkan niat suci untuk mencari keridhoan Allah SWT.

“Siapa yang berjuang untuk ketinggian kalimat Tuhan yang tinggi, ialah yang berjuang di jalan Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

๐Ÿ”…Jadi sudah sangat jelas hakekat kemenangan Islam adalah sangat jauh berbeda antara kemenangan Islam itu dan kemenangan-kemenangan militer lain.

 Allah SWT berfirman:
_*“Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam.”*_ (QS. Ali-Imran [3] : 19)

๐Ÿ”…Ada pun yang dimaksud dengan menjadikan kalimat Allah SWT kalimat yang tinggi mengandung arti menjadikan Islam itu kepunyaan Allah SWT, yaitu agama seluruh umat manusia, tanpa mengenal batas kebangsaan, ras, etnis, kesukuan dsb. Islam bagi Allah saja ( *mukhlishiina lahuddiin*) secara mutlak berarti mengikhlaskan hati untuk Allah SWT saja, bukan untuk yang lain. Allah SWT memerintahkan kita dalam berdakwah:

~~๐Ÿ“–~~

_*“Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan bijaksana dan pelajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang sebaik-baiknya.”*_ (QS. An-Nahl [16] : 125)

๐Ÿ”Hampir dapat dipastikan bahwa pemimpin muslim dalam peperangan-peperangannya yang pertama, juga dalam kebanyakan peperangan yang terjadi kemudian, mempunyai tujuan hanya semata-mata untuk menegakkan kalimat Allah SWT, dan agar Islam itu menjadi satu-satunya sistem kehidupan seluruh umat manusia,  bukan dengan melalui paksaan, tetapi dengan melalui da’wah yang mencontoh dakwahnya Nabi SAW.

๐Ÿ’ฅ3⃣

๐Ÿ“ฃ _Sahabat Surga AIHQ Aca_

❓ *Bagaimana manajemen menuju kemenangan..?*

๐Ÿ‘‰๐Ÿป Ciri utama sistem Islam adalah sistem yang adil yang menjamin hak-hak yang sama untuk setiap muslim. Pemimpin yang berkuasa beserta setiap anggota keluarganya, atau suatu kelompok tertentu dalam masyarakat, tidak diberi pengecualian apa pun, melebihi hak-hak setiap orang yang menjadi rakyat jelata. Sistem Islam memberi jaminan keadilan mutlak dalam hubungan antara golongan dan antara bangsa. Islam menjamin keadilan antara bangsa apa pun di dunia ini.

~~๐Ÿ“–~~

_*“Dan janganlah sampai kebencian suatu kaum terhadapmu menjadikan kamu bertindak tidak adil. Selalulah bertindak adil, karena hal itu lebih mendekati ketaqwaan.”*_ (QS. Al-Maidah [5] : 8)

๐Ÿ”Kesimpulan yang dapat diambil adalah *terwujudnya syariah Islam di muka bumi dan hanya kalimat Allah SWT itu menjadi yang tertinggi.*

๐Ÿ”…Bahwa peperangan dalam Islam dan kemenangan dalam Islam dapat diwujudkan dengan  terciptanya kebebasan da’wah dan kebebasan beragama, juga keadilan mutlak untuk seluruh manusia.

๐Ÿ‘‰๐ŸปJadi kemenangan Islam itu adalah kemenangan yang berlaku bagi seluruh umat manusia, yang belum pernah ada baik sebelumnya mau pun setelahnya fathul Mekkah. Kemenangan Islam bukanlah kemenangan menguasai suatu wilayah ataupun harta benda, tetapi merupakan kemenangan terhadap atas setiap hati nurani ummat manusia di suatu tempat mana pun di muka bumi..

❓ *Bagaiamana mewujudkan nya..?*

๐Ÿ”…Ustadz Satria Hadi Lubis mengungkapkannya dalam bentuk

*P O W E R*๐Ÿ‘‡๐Ÿฝ

*P*elajari sejarah orang orang Besar.

*O*bati hati dengan Al Quran.

*W*aspada terhadap maksiat

*E*nyahkan kemalasan

*R*utin ikut Tarbiyah

_Mendekati Allah SWT dengan *POWER*_

Wallahu a'lam

๐Ÿ’ฅ4⃣DH®๐Ÿ”š


➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰
Diskusi
๐Ÿ’ž*_Sesi Tanya jawab*_๐Ÿ’ž

1 Mba.Triani
saya kebetulan baru bergabung di grup odoj, saat sdh stabil bisa kholas, terus tau2 berhalangan karena mungkin ada kegiatan yg menyita waktu, jadi suka berat lagi ngejar Semangat kholasnya
Jawab:
1 Mba.Triani
saya kebetulan baru bergabung di grup odoj, saat sdh stabil bisa kholas, terus tau2 berhalangan karena mungkin ada kegiatan yg menyita waktu, jadi suka berat lagi ngejar Semangat kholasnya
Jawab:
Iman kadang naik kadang turun, itu sdh fitrahnya iman kita mengalami fluktuasi semua org mengalaminya.

Iman akan bertambah dengan kebaikan dan berkurang dengan kemaksiatan
Tetapi disini perlu diingat, bahwa penurunan iman jangan sampai ada dititik 0 bahkan minus ato smp keluar dr lingkaran kebaikan.
Charge itu harus dan sangat urgent.
Ketika tdk dicas bs2 tdk hanya habis batre tp juga bs rusak jg.
Yuuuk charge kembali ruhiyah kita, *datangi majlis2 ilmu, rutin ikut tarbiyah*
Dalam lingkaran kebaikan akan terasah nilai ruhiyah yg akan mendekatkan pada Allah

 Bermujahadah ktk mengalami penurunan dan tidak menikmatinya insyaAllah akan menjadikan kita hamba yg semakin bijak memaknai hidup dan kehidupan.
Ber Iltizam (konsekuen) dalam menjalankan syari’at Allah.
Daan yg utama setelah ikhtiar adalah doa. Memperbanyak do’a pada Allah agar diberi keistiqomahan. (Qs. Ali Imran:8, 146-148, Qs. Al Baqarah:250)
Wallahua'alam


2.Mbah Uti

Bagi saya kemenangan yang terindah adalah mampu mengendalikan emosi ketika teraniaya , ketika di fitnah , ketika terhina dan hanya teguh bersujud pada Allah SWT dan yakin  Maha dari segala Maha adalah Allah SWT.
Apakah keyakinan saya ini termasuk kemenangan islam? ๐Ÿ™๐Ÿ˜ญ๐Ÿ™๐Ÿ˜ญ๐Ÿ™๐Ÿ˜ญ๐Ÿ™๐Ÿ˜ญ

Kemenangan yang terindah adalah mampu menghantarkan putra putri kita cerdas ๐Ÿ‘‰๐Ÿฟ Sholeh n sholiha.
Apakah itu juga termasuk kemenangan islam?
Jawab:

2.Mbah Uti

Bagi saya kemenangan yang terindah adalah mampu mengendalikan emosi ketika teraniaya , ketika di fitnah , ketika terhina dan hanya teguh bersujud pada Allah SWT dan yakin  Maha dari segala Maha adalah Allah SWT.
Apakah keyakinan saya ini termasuk kemenangan islam? ๐Ÿ™๐Ÿ˜ญ๐Ÿ™๐Ÿ˜ญ๐Ÿ™๐Ÿ˜ญ๐Ÿ™๐Ÿ˜ญ

Kemenangan yang terindah adalah mampu menghantarkan putra putri kita cerdas ๐Ÿ‘‰๐Ÿฟ Sholeh n sholiha.
Apakah itu juga termasuk kemenangan islam?
Jawab:
Itu semua InsyaAllah termasuk kemenangan Islam jika semua terbingkai dalam niat karena Allah. Anak² sholih dan sholihah itu bisa menjadi aset dakwah illallah penegak dien Allah.
Karena sesungguhnya dalam pandangan Islam kemenangan sejati yang di maksud adalah kemenangan dari segala bentuk dosa dan kesusahan di dunia ini serta kemenangan dari pedihnya siksaan api neraka.
“Maka barang siapa dijauhkan dari Neraka dan dimasukkan ke dalam Surga maka sungguh dia telah beruntung.” (QS. Ali Imran: 185)

Al-fauzul ‘adzhim yang banyak kita temukan dalam Al-Quran yang bermakna keberuntungan / sukses besar disebutkan oleh Allah setelah penyebutan tentang orang-orang yang masuk Surga dan terhindar dari Neraka.

 “Mataa rohatul mu’min?” kapankah tiba bagi orang beriman itu rehat? “Yakni saat mereka menginjakkan kakinya di Surga, maka saat itulah rehat mereka yang sesungguhnya.”
Semoga kita semua termasuk bagian dari orang² beriman yg mendapatkan rehat di syurgaNya. Aamiin ya Rabb.
Inilah Kemenangan yang sesungguhnya.


3.Mba Ira
Ummi dlm perjuangan jalan menuju kemenangan itu panjaaaang, apa tipsnya agar qt bersabar dlm perjalanan yg panjang itu..krn bisa jd bukan qtlah yg akan menikmati kemenangan itu tp anak cucu qt kelak yg merasakannya...(byk yg berjatuhan di jalan dakwah)
Jawab:
3.Mba Ira
Ummi dlm perjuangan jalan menuju kemenangan itu panjaaaang, apa tipsnya agar qt bersabar dlm perjalanan yg panjang itu..krn bisa jd bukan qtlah yg akan menikmati kemenangan itu tp anak cucu qt kelak yg merasakannya...(byk yg berjatuhan di jalan dakwah)
Jawab:
Bersabar dalam jalan dakwah memang sulit tapi InsyaAllah ketika bisa bersabar akan mendapatkan kebaikan, dan terhindar dari berjatuhan dijalan dakwah.

Bs dilihat QS. Fushshilat: 30 dan QS. Al-Ahqaf: 13.
Bergaul dengan orang-orang sholih InsyaAllah bs menguatkan azzam, Istiqomahlah dalam kebaikan, dan berpeganglah pd tali Allah.

Karena sabar dalam rangka menjalankan perintah Allah Taala termasuk sabar yang paling tinggi nilainya dibandingkan dengan sabar dalam menghadapi musibah dan persoalan hidup.

ูŠٰุٓฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุกَุงู…َู†ُูˆุง ุงุณْุชَุนِูŠู†ُูˆุง ุจِุงู„ุตَّุจْุฑِ ูˆَุงู„ุตَّู„ٰูˆุฉِ ۚ ุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ู…َุนَ ุงู„ุตّٰุจِุฑِูŠู†َ
Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (Al-Baqarah : 153)

Dan semoga kita termasuk dari orang² beriman yg senantiasa bersabar.  InsyaAllah.


➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰
Closing statement

*_“Mataa rohatul mu’min?”_ kapankah tiba bagi orang beriman itu rehat? _“Yakni saat mereka menginjakkan kakinya di syurga_, maka saat itulah rehat mereka yang sesungguhnya".*

Semoga kita semua termasuk bagian dari orang² beriman yg mendapatkan rehat di syurgaNya.  Mendapatkan kemenangan yang sesungguhnya.
Aamiin ya Rabb.

Sy akhiri, afwan minkun ada kurang nya itu dr sy pribadi, kebaikan itu dr Allah, fastabiqul khairat,
Allahu yubarik fiikum
ุฌَุฒَุงูƒُู…ُ ุงู„ู„ّู‡ُ ุฎَูŠْู€ู€ู€ู€ุฑًุง ูƒَุซِูŠْุฑًุง

ุฃَู‚ُูˆْู„ُ ู‚َูˆْู„ِูŠْ ู‡َุฐَุง ูˆَุฃَุณْุชَุบْูِุฑُูˆْุง ุงู„ู„ู‡َ ู„ِูŠْ ูˆَู„َูƒُู…ْ
 ูˆَ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

๐Ÿ“๐ŸŒนUmmunashrullah๐ŸŒน๐Ÿ“

Tidak ada komentar: