14 Juli 2011

Cara Memandikan Bayi





Tuang air dingin ke dalam bak mandi, kemudian tambahkan air panas secukupnya untuk bayi berumur sampai 2 bulan, lalu berangsur turunkan suhu sampai 27 derajat Celsius untuk bayi di atas 2 bulan. Isilah bak mandi dengan air setinggi kira-kira 7,5 cm dari dasar bak.
Sebelum membersihkan tubuhnya, bukalah baju bayi secara bertahap. Mula-mula bukalah baju bagian atas, baru kemudian popok atau celana bayi.

Bersihkan alat kelamin dan pantat bayi dengan kapas bulat yang sudah dibasahi air. Bersihkan setiap lipatannya.
Mulailah menyabuni badan, pertama bagian kepala/rambut dengan keramas menggunakan sampo bayi. 
Kemudian baru sabun bagian lipatan leher, telinga dan wajah dengan sabun bayi. Selanjutnya badan dan punggung, serta lipatan-lipatan kaki, paha, tangan dan jari-jari.

Ukur kembali suhu air dalam bak mandi. Kemudian selipkan tangan kiri Anda ke bawah tengkuk si kecil, lalu pegang erat-erat ketiaknya. Sanggahlah tengkuk si kecil dengan pergelangan tangan Ibu, lalu pegang tubuhnya dengan tangan kanan Ibu.
Angkatlah si kecil dan masukkan ke dalam bak mandi. Sementara tangan kiri ibu menyangga kepala dan memegangi ketiaknya, tubuhnya sebagian terendam dalam air. Gunakan tangan kanan Ibu untuk membersihkan sabun di telinga, leher, dan seluruh badannya.
Biarkan si kecil bermain dalam air selama sekitar 2-5 menit. Bila si kecil sudah cukup besar, berikan mainan (bebek-bebekan, ikan-ikanan) agar mandi semakin menyenangkan.
Untuk membersihkan bagian belakang tubuhnya, balikkan badan si kecil, kemudian sanggah badannya dengan tangan kiri Anda dan pegang erat-erat ketiaknya. Lalu dengan tangan kanan, bersihkanlah punggungnya.
Setelah mandi selesai, angkatlah tubuh si kecil dari dalam air, lalu bungkuslah tubuhnya dengan handuk. Sambil mengajaknya bercengkrama/bernyanyi, keringkan tubuh bayi dengan cara menekan-nekankan handuk bayi ke tubuhnya.
Setelah tubuhnya kering, oleskan minyak telon di dada, tangan, kaki, perut dan punggungnya, agar tubuhnya wangi dan hangat. Perhatikan setiap lipatan dan lekukan tubuh (leher, daerah kemaluaannya, paha, lengan, ketiak, belakang telinga). Usapkan tiap lipatan dan lekukan tubuh dengan baby cream.
Terakhir, pakaikan popok dan baju bayi (sebelumnya telah disiapkan sesuai urutan dari lapisan luar:bedong, baju panjang, baju pendek, gurita) sehingga bayi tidak dibiarkan terlalu lama yang bisa mengakibatkan bayi kedinginan. Sisirlah rambutnya dengan sisir khusus untuk rambut bayi, kemudian berikan ASI setelah bayi selesai aktivitas ber-mandi-ria.

Sumber: Pengalaman pribadi + berbagai sumber.
Published with Blogger-droid v1.6.5

Tidak ada komentar: