06 Maret 2013

Nursing while pregnant - Menyusui di saat Hamil





Alhamdulillah wa syukurillah, Allah memberi kami amanah lagi, hamil ke empat, rencana Allah insyaAllah yang terbaik.
Saat positif hamil, Amal 16 bulan. Sekarang ini kehamilan saya jalan 28 minggu, dan Amal 22 bulan, Amal masih mempunyai hak ASI dan saya mempunyai kewajiban untuk memberikan hak ASI sampai usianya 24 bulan, berarti kurang 2 bulan, insyaAllah.

Mengapa saya tidak menuliskan tentang kehamilan keempat dari awal, karena masih belum berani, dan juga persiapan mental, fisik dan keluarga juga. 

Awal banyak hal yang harus disiapkan saat tau positif hamil karena memang ingin tetap menyusui Amal sampai 2 tahun. 

Setelah browsing sana sini, insyaAllah tidak was-was, karena saya pernah dikuretase juga, Alhamdulillah AbiAmal mendukung untuk tetap menyusui, bismillah... Kekhawatiran adanya pengaruh untuk pertumbuhan si janin juga sirna, mitos-mitos dari orang sekeliling Alhamdulillah bisa teratasi. Simbah dan Uti menganjurkan untuk menyapih karena ASI rusak dan basi kalau hamil serta tidak bagus buat si janin, Alhamdulillah sekarang jadi mendukung.

Dari sekian banyak informasi, insyaAllah tidak masalah bagi ibu hamil untuk menyusui anak yang masih dibawah 2 tahun, tetapi dengan catatan jika kehamilan sehat. Hanya saja terkadang timbul kontraksi rahim kecil akibat  pelepasan hormon oksitoksin selama menyusui, jadi kalau kontraksi rahimnya tidak tertahan, maka segera hentikan aktivitas menyusui dan setelah kontraksi hilang menyusui lagi tidak masalah. Karena rahim mempunyai daya tahan yang cukup kuat terhadap hormon ini, kecuali kehamilan sudah usia maksimal dan leher rahim ada gangguan, atau pernah ada riwayat keguguran.
Alhamdulillah, selama ini aktivitas menyusui tetap nyaman, walaupun kadang puting payudara jadi gampang lecet dan agak perih (tapi baru-baru ini saja, itu juga tidak tiap menyusui, hanya kadang-kadang), hal ini karena selama kehamilan puting payudara lebih sensitif.

Kurang 2 bulan menjalani aktivitas menyusui  selagi hamil ini sambil latihan weaning with love, sounding nya dari awal hamil "mimiknya buat adik ya.." Alhamdulillah sekarang Amal (22m18d) sudah bisa tidak minta ASI, paling lama 3 hari tidak ngASI, setelah itu minta terus, namanya juga latihan. Kalau pas minta ASI, saya alihkan ke makanan, karena sudah diatas satu tahun jadi ASI bukanlah kebutuhan utama, maka bisa dapat tambahan asupan gizi dari makanannya, buah, sayur, jus buah. Untuk susu UHT memang baru akan saya berikan setelah lulus ASI 2 tahun, itupun tidak sebagai minuman tiap hari, hanya selingan saja, malah ngelantur ke menu MPASI.

Tapi kalau Amal lagi ngantuk berat dan tidak bisa bobok yaa.. tetap minta ngASI.

Menyusui saat hamil banyak manfaatnya, selain ikatan/bonding antara ibu dan anak bisa  tetap terjalin, bonding akan muncul juga antara kakak dan adik. Ketika sedang menyusui saya memberitahu Amal untuk bilang ke adik "kakak mimik ASI dulu ya dik", Amal juga ikutan mengusap ngelus perut saya, sambil bilang "adik..adik..". Calon adik akan akrab dengan bukan hanya suara dan detak jantung ibunya tapi juga suara serta detak jantung kakaknya. Ketika bermain atau sedang dipangku, Amal meluk sambil mencium perut bilang "adik gerak..adik gerak". InsyaAllah saat adiknya lahir, insyaAllah adiknya sudah mengenal kakaknya, dan kakaknya bisa merasakan bahwa ibunya tetap memperhatikan dan sayang dirinya.
InsyaAllah, ibu-ibu bisa juga menyusui di saat hamil, semangat...
Published with Blogger-droid v2.0.6

Baca Juga:

Tidak ada komentar: