01 April 2013

Kebun Binatang Gembiro loka






Senin, 11Maret2013 kami berkunjung ke Gembiro Loka Zoo. Lokasi kebun binatang gembiro loka di jl kebun raya Yogyakarta Indonesia. 

Jogja gerimis dari pagi, akhirnya 9:30am agak sedikit reda, kami berangkat ke kebun binatang Gembiro Loka. Tidak butuh waktu lama untuk sampai ke lokasi, karena memang tempatnya dekat dengan rumah kami. Sampai disana sepi, selain gerimis juga bukan hari libur. Kami sengaja memilih yang bukan hari libur agar tidak penuh pengunjung, jadi lebih leluasa mengenalkan jenis-jenis binatang pada Amal.
Baru saja mulai perjalanan naik mobil, Amal langsung tertidur, karena ini memang jam tidur nya Amal. Tetapi sampai lokasi Amal semangat sekali. Sampai lokasi disambut penyewaan payung, karena masih gerimis juga, biasanya payung untuk siang hari ketika panas. 
Tiket masuk bervariasi, ada yang tiket biasa, tiket plus naik kapal juga. Harga tiket biasa 20.000, harga plus naik kapal 25.000, kalau beli tiket naik kapalnya didalam kebun binatang 10.000.
Kami beli tiket biasa karena tidak berniat naik kapal, kami beli untuk 4 orang (saya, AbiAmal, om, bulik), karena Amal belum 3tahun, jadi tidak bayar.
Dari loket kami menuju museum flora fauna. Ada berbagai macam biji-bijian kering dan basah awetan, berbagai jenis akar, spesies kupu-kupu, belalang, binatang tanah, ekosistem laut & pantai, dll (semua diawetkan...).
Menyusuri danau buatan, ada perahu boat, kapal. Di sepanjang jalan ada mobil taring (nail pakai tiket juga). Dari pintu masuk ke lokasi pertama lumyan jauh, saya sama bulik yang lagi hamil semua merasa kecapaian.
Lokasi pertama sisi kanan adalah gajah, terlihat dikandang gajah sedang makan rumput, sepertinya belum siap dilihat pengunjung.. disebelahnya ada gajah tunggangan dengan tiket sendiri. Setelah gajah ada aneka ikan dan taman reptil&amfibi, kurakura, landak, burung, unta, unta  tunggangan (tiket lagi..). 
Sisi kiri gajah ada orang utan, simpanse, kolam ikan, terapi ikan (kalau di tempat saya ada, tapi gratis, kalau disini tiket lagi..), buaya, kangury, kuda nil (Amal bilangnya babi..), harimau, kuda, kijang, rusa jawa, rusa tutul.
Kanguru nya masih kecil, jadi Amal belum bisa membedakan kaki depan dan belakang kanguru. 
Wah, rute nya benar-benar jauh banget... sampai tengah area saja banyak pengunjung yang sudah kecapaian, pantesan disediakan mobil taring karena antar lokasi satu binatang dengan binatang yang lain cukup jauh..
Saya absen saja binatang-binatang nya ya, karena ada yang tidak sesuai dengan peta nya, maksudnya binatangnya tidak ada di lokasi, tapi di peta ada. Dari unta turun ada lemur, owa, lutung. Di depan kolam buatab ada angsa, pelikan bangau. Di tengah danau buatan ada pulau buatan juga. Naik lagi rute utama kiri, ada zebra, nilgai, kasuari. 
Sayang ada beberapa jenis binatang yang tidak ada, seperti singa jerapah komodo beruang . Selain itu binatang nya juga ada yang terlihat tidak terawat.
Rute pulang jalannya naik, bisa lewat gua bisa lewat jalan biasa. Sampai pintu luar sudah disambut aneka toko cinderamata dan makanan oleh-oleh, sepertinya memang para pengunjung diarahkan untuk kesini, karena jalan keluarnya hanya ini. Jadi ya..muter untuk sampai ke parkir mobil..jauh juga..
Masuk mobil, Amal langsung tertidur... mungkin kecapaian karena sepanjang perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lain  maunya jalan dan lari..
Sudah dulu ya, semoga bisa menambah review tentang kebun binatang, siapa tau ada yang mau berkunjung ke sana, hehee... ^.^

Published with Blogger-droid v2.0.6

Tidak ada komentar: