11 Oktober 2013

Cerita Full Clodi - Cloth Diapers - nya Ahsan






Clodi (cloth diapers) adalah popok  kain modern yang dapat dicuci ulang. Tidak seperti disposibel diaper yang setelah dipakai langsung dibuang. Clodi memiliki nilai fungsi yang bertahan lebih lama. Dipakai tidak hanya sekali namun berkali-kali sampai anak sudah bisa toileting.
Clodi atau popok kain modern ini memiliki 2 bagian utama, yaitu insert (penyerap dan penampung cairan) dan cover/pocket yang membungkus insertnya. Pada proses penjemuran, bagian yang paling cepat kering adalah cover/pocket.
Karena bagian ini terbuat dari microfleece yang lembut di lapisan dalam yang cepat kering. Apalagi lapisan luarnya yang terbuat dari Polyurethan yang bersifat waterproof.

Sedangkan Insert, ini adalah bagian yang terbuat dari serat kain microfiber yang memiliki daya serap air yang tinggi. Sehingga pada proses penjemuran, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kering.

Kebutuhan popok kain clodi minimal 4-5buah per hari jika penggunaannya full time 24 jam, karena 3-5 jam harus diganti (bocor atau tidak). Kecuali kalau malam pas Ahsan bobok nyenyak kadang gantinya pas bangun, bisa lebih dari 6-8 jam. Sehingga koleksi popok clodi yang harus disediakan 10an clodi. Pemakaian hari ini 5 clodi dan 5 clodi untuk esok hari. Tapi  kalau hari itu pup nya lebih dari 2x, bisa ganti sampai 6 clodi.
Ahsan sekarang punya 13 clodi. 
* 10 clodi tipe pocket(6 clodi pempem, 3 clodi gg, 1 clodi cluebebe)
* 5 insert tambahan (1microfiber, 1bamboo dan 3microfiber stay dry)
* 3 clodi tipe pant (1 gg dan 2 cluebebe). 

Alhamdulillah Ahsan sudah bisa full clodi. Asal rajin langsung cuci ya...
Jika ingin mengurangi jumlah pocket /cover bisa saja, tapi insert ditambah, sehingga kebutuhan popok kain modern (clodi) bisa  kurang dari itu. Tentunya jumlah yang dibutuhkan oleh setiap anak akan berbeda, tergantung kebiasaan jumlah pemakaian setiap harinya.
Dengan mensiasati menambah koleksi insert, sangat membantu dan meringankan karena tidak kejar kejaran dengan jemuran insert yang belum kering. 
Jadi insyaAllah bisa full clodi...
Happy Cloth Diapering yaa mom  ^_^
Published with Blogger-droid v2.0.6

Baca Juga: 

Tidak ada komentar: