27 Juni 2012

Halaqah Reuni






Mentoring atau halaqah merupakan kegiatan untuk menguatkan ruhiyah (shalat malam / qiyamul lail, tilawah, shalat berjamaah, matsurat / dzikir, shalat diawal waktu, shalat dhuha, hafalan, dll), akal (materi aqidah, akhlak, skill, dll) dan jasad (outbound, rihlah, mabit, riyadhoh, dll).
Mentoring kali ini dilaksanakan Ahad, pukul 9 pagi sampai ba'da dhuhur, temanya Mentoring Reuni Tuesday Akhwat SMANSA Wonosobo dan Mentoring Akhwat SDIT Insan Mulia Wonosobo. Agenda nya antara lain: Tilawah, hafalan, kultum TA dan SDIT, makan-makan, shalat berjamaah, diskusi, tukar kado, surat cinta untuk saudariku, target/program dan rencana setahun kedepan (agama, keluarga, sosial, sekolah, dll). Tempatnya di Rumba Al Fatih.
Reuni mentoring ini yang tidak ikut Adel dan Aina karena sedang matrikulasi di Ponpes Putri Gontor. Yang datang Hani, Yoko, Fia, Anita, Nisa, Tasya (SDIT - SMPIT Ihsanul Fikri Magelang), Rahma (SDIT - MBS Yogyakarta), Risti (SDIT - SMPIT Ihsanul Fikri Magelang), Abida (SDIT - SMPIT Ihsanul Fikri Magelang), Tia (SDIT - SMPIT Ihsanul Fikri Magelang), Fildza (SDIT - SMPN 1 RSBI Wonosobo). 
Acara dimulai dengan tilawah Qur'an surat Ash.Shaff (61): 1-14 ayat diilanjutkan hafalan. Setelah itu kultum dari TA disampaikan oleh Yoko dan dari SDIT oleh Abidah. Tanya jawab dan diskusi dilakukan setelah kultum. Break snack dulu yuk.... Makan nogosari, pisang goreng dan jeruk plus air putih, Alhamdulillah...
Setelah break snack dilanjutkan mutabaah : shalat malam, tilawah, matsurat, birulwalidain, sedekah, riyadoh/olah raga, baca buku. 
Yang belum shalat dhuha dan matsurat akhirnya shalat dhuha dan matsurat ditempat dech ^-^. Setelah itu tukar kado dan membaca surat cinta untuk saudariku dan mengumpulkan target mereka setahun kedepan. 
Adzan dhuhur berkumamdang, waktunya shalat dhuhur dulu ya.... 
Setelah shalat dhuhur berjamaah, dilanjutkan makan siang, menunya: sayur sop, balado terong hijau, tempe bacem, tahu bacem, sambal hijau, kerupuk, Alhamdulillah nikmatnya rezeki dari Allah. 
Sudah kenyang, mau materi waktunya sudah tidak cukup, karena agenda hanya sampai ba'da dhuhur. 
Akhirnya sedikit pesan untuk bekal mengarungi dunia yang lebih luas dan hidup yang lebih dewasa, peralihan sekolah dasar ke sekolah menengah pertama dan dari sekolah menengah atas ke perguruan tinggi. Jaga shalat wajib, jaga shalat malam, jaga tilawah dan tambah hafalan, jaga aurat, jaga aqidah Islamiyah, jaga nama baik Islam diri dan keluarga, jadikan diri kalian sebagai akhwat tangguh berbekal Al Qur'an dan as Sunnah, Amin...


Baca Juga:
Halaqah Ceria Mentoring SD-SMA

Tidak ada komentar: