27 Agustus 2013

Mpasi Biskuit Wortel Madu Honey Carrot crackers








Membuat biskuit Wortel Madu Honey Carrot crackers  ini sangat mudah sekali.

Resep Biskuit Wortel Madu Honey Carrot crackers ini cocok untuk camilan anak. Untuk menghasilkan crackers yang renyah maka gilas adonan setipis mungkin dan panggang hingga permukaannya mulai kecoklatan, kemudian balikkan crackers dan panggang sisi sebelahnya lagi. Namun awas, jangan meninggalkan crackers yang sedang dipanggang, bisa-bisa gosong.

* bahan:
3butir kuning telur 
3sdm madu (optional)
1 wortel ukuran sedang / separo ukuran besar
100gr unsalt butter
300-350gr tepung terigu segitiga biru
* cara membuat: 
Kupas wortel, cuci bersih dan parut dengan parutan keju. 
Siapkan mangkuk, masukkan kuning telur dan madu, aduk hingga rata. Masukkan unsalt butter dan tepung terigu. Untuk memprosesnya bisa menggunakan mikser duduk atau bisa juga menggunakan food processor. Masukkan bahan ke mikser dan proses hingga tercampur rata. Bisa juga dengan menggunakan garpu, cacah-cacah mentega bersama tepung hingga berbentuk butiran kecil-kecil seukuran bulir padi. 
Masukkan parutan wortel dan proses hingga adonan tercampur baik dan menggumpal, aduk dengan spatula hingga tercampur baik.
Adonan yang terbentuk kalis, tidak lengket dan tidak lembek namun mudah untuk digumpalkan, digilas dan dicetak.
Ambil adonan dan uleni sebentar agar adonan menggumpal dan menyatu. 
Siapkan tempat datar, taburi dengan tepung terigu pada permukaannya. Letakkan adonan di atasnya. Menggunakan kayu penggilas, gilas adonan hingga benar-benar tipis. Usahakan adonan digilas dengan ketebalan yang sama agar ketika dipanggang matangnya merata. 
Cetak adonan menggunakan cookie cutter atau cetakan apapun yang anda miliki, bisa juga menggunakan penutup botol atau sekedar potong-potong adonan menggunakan pisau.
Tata adonan di loyang - tanpa alas. Tidak perlu diberi jarak, jadi usahakan seluruh loyang penuh berisi adonan yang telah tercetak. 
Panaskan oven, letakkan rak pemanggang di dalam oven.
Panggang crackers hingga permukaannya kecoklatan, sekitar 10 menit, atau tergantung dari oven anda. Kemudian balikkan crackers dan panggang sisi sebelahnya hingga kering dan crispy. 
Keluarkan crackers dari oven, dinginkan di rak kawat dan simpan dalam wadah tertutup rapat. Crackers ini jika benar-benar garing sempurna bisa bertahan hingga 1 minggu.

Nah, bagi anda yang mempunya balita di rumah, crackers ini merupakan alternatif camilan yang sehat, karena terbuat dari bahan-bahan bergizi, bebas pengawet dan karena kita yang membuatnya sendiri maka tentu saja kebersihannya pun terjaga. Bagi anda yang menggemari versi asinnya mungkin bisa skip porsi madu diresep dan menambahkan keju, atau bisa juga dimasukkan daun seledri cincang sehingga rasanya menjadi gurih.
Published with Blogger-droid v2.0.6

Baca Juga:


Tidak ada komentar: